Selasa, 30 Jul 2019 20:22 WIB

Canggih, Putaran Ban Bisa Dikonversi Jadi Energi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sumitomo Rubber Industries, perusahaan induk ban Falken Tyres tengah mengembangkan ban yang bisa mengonversi putaran ban menjadi energi listrik. Sumitomo bersama Professor Hiroshi Tani dari Kansai University mengembangkan teknologi bernama Energy Harvester.

Energy Harvester merupakan sebuah perangkat kecil yang ditempatkan di dalam ban. Perangkat ini mengubah listrik statis yang biasanya dihasilkan saat berkendara menjadi energi yang bisa digunakan.



Secara khusus ini bekerja dengan menggunakan dua lapisan karet yang ditutupi oleh elektroda bersama dengan film bermuatan negatif dan positif. Namun, belum pasti akan digunakan untuk apa energi yang dihasilkan dari Energy Harvester tersebut.

Ketika ban berputar dan terdeformasi saat kendaraan melaju, lapisan film negatif akan berinteraksi dengan lapisan film positif di sisi lainnya. Ini akan menghasilkan energi listrik kecil yang bisa memberikan tenaga untuk beberapa hal.



Saat ini para insinyur mengatakan bahwa Energy Harvester dapat digunakan untuk hal-hal kecil. Misalnya sebagai pengganti baterai di sensor tekanan ban. Namun, masih belum pasti apa lagi yang dapat diaktifkan perangkat.

Belum diketahui kapan teknologi ini bisa diterapkan di ban untuk kendaraan bermotor secara massal. Namun, penelitian ini telah dipilih oleh Badan Sains dan Teknologi Jepang sebagai proyek di bawah program transfer teknologi.

Simak Video "Ban Futuristik Masa Depan Dipamerkan di GIIAS 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com