Selasa, 30 Jul 2019 15:27 WIB

Nissan Tak Lagi Produksi Mobil di Indonesia sejak Februari 2019

Dina Rayanti - detikOto
Pabrik Datsun di Purwakarta Foto: detikOto Pabrik Datsun di Purwakarta Foto: detikOto
Jakarta - Meski punya pabrik di kawasan Purwakarta, Nissan justru memilih untuk mendatangkan mobilnya yang dijual di Indonesia dari Jepang dan juga Thailand. Nissan diketahui tak lagi memproduksi mobil dengan merek Nissan di pabrik tersebut. Line produksi Nissan justru dimanfaatkan oleh sang adik Datsun.

Hal itu terlihat dari data produksi yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Dari sana terlihat Nissan sudah absen memproduksi mobilnya sejak Februari 2019. Terakhir, pabrik Nissan memproduksi 180 unit mobil pada Januari 2019. Sementara Datsun hingga saat ini masih aktif memproduksi mobil-mobilnya di pabrik Nissan.

Di pabrik itu Datsun kabarnya memproduksi Go, Go+, dan Cross. Total pada periode Januari-Juni 2019, 2.596 unit mobil Datsun di pabrik Purwakarta.


Di pabriknya itu, Nissan diketahui sempat memproduksi mobil andalannya Grand Livina. Namun pada Februari 2019, sudah tak ada lagi Grand Livina yang diproduksi seiring dengan peluncuran model baru Livina.

Pabrik Nissan-Datsun di PurwakartaPabrik Nissan-Datsun di Purwakarta Foto: Dok. Nissan-Datsun


Livina versi terbaru ini mengusung wajah yang sama persis dengan kembarannya Mitsubishi Xpander. Keduanya juga diproduksi berbarengan di pabrik Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) kawasan GIIC, Delta Mas Cikarang. Sedangkan pabrik Nissan tampaknya bakal dimanfaatkan untuk memproduksi mesin Livina dan Xpander seperti yang pernah disampaikan pihak Mitsubishi beberapa waktu lalu.


"Kolaborasi dengan Nissan itu hanya soal merakit mesin Xpander saja di Nissan," ujar Head of Sales and Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya.

Sebelumnya isu soal Nissan berhenti memproduksi mobil di Indonesia sudah tersiar sejak Maret 2018. Namun buru-buru dibantah oleh pihak Nissan saat itu.

"Nissan punya komitmen yang kuat untuk konsumen di Indonesia dan juga network dan partner kami di Indonesia," ucap Regional Senior Vice President Asian dan Oseania Nissan, Yutaka Sanada di Filipina Maret 2018.


Di Indonesia, Nissan hingga kini menawarkan delapan modelnya untuk masyarakat Indonesia. Tercatat ada Livina, Serena, X-Trail, Terra, Navara, Elgrand, March, dan Juke. Serena dan Elgrand diboyong langsung dari Jepang. Sementara sisanya didatangkan dari Thailand.

Saat diminta konfirmasinya, pihak Nissan hingga berita ini ditulis belum memberikan jawaban.

Simak Video "Berdandan, Nissan X-Trail Punya Puluhan Fitur Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com