Senin, 29 Jul 2019 16:46 WIB

Jokowi Tahan Teken Perpres Mobil Listrik Hingga Minggu Ini?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Tangerang - Industri otomotif di tanah air tengah menanti aturan mobil listrik. Sebelumnya saat menghadiri Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show 2019, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bahwa Presiden Jokowi bakal menandatangani regulasi mobil listrik pekan ini.

Akan ada dua peraturan yang akan muncul, Peraturan Presiden dan Peraturan Pemerintah. Namun hingga penutupan GIIAS 2019, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan ada sedikit revisi terkait regulasi tersebut.



"Saat terakhir ada sedikit perbaikan, dan perbaikan itu justru sifatnya postitif sekali buat industri otomotif," ujar Nangoi di ICE, BSD City, Tangerang akhir pekan lalu.

Diprediksi aturan tersebut akan keluar minggu depan, Nangoi juga enggan membeberkan poin-poin regulasi apa saja yang mengalami perubahan. Ia menyebut ubahan tersebut atas rujukan Kementerian Perindustrian.

"Saya tahu, tapi saya tidak tahu (revisi). Tunggu saja, rasanya minggu depan (minggu ini) kalau tidak besok (minggu 28 Juli) ya, minggu depan (perpres terbit)," kata Nangoi, Sabtu (27 Juli 2019).

"Pasti akan diumumkan karena semuanya setahu saya sudah ditandatangani (tinggal Presiden Jokowi), tinggal menunggu saja sebentar. Momennya untuk diumumkan, dan itu (aturan) cukup positif di industri otomotif," jelasnya.



Sebelumnya, Sri Mulyani menjelaskan akan ada dua peraturan yang akan muncul, Peraturan Presiden dan Peraturan Pemerintah.

"Yang Peraturan Presiden adalah untuk percepatan program kendaraan bermotor listrik untuk transportasi. Yang Peraturan Pemerintah menyangkut tadi bahan dari pajak berhubungan dengan klasifikasi emisi dari otomotifnya," kata Sri.

"Perpres dan PP akan disampaikan Bapak Presiden segera minggu iniinsyaallah, karena seluruh menteri telah menyepakati dan menandatangani,"pungkasnya.


Simak Video "Sri Mulyani Bocorkan Isi Aturan Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com