Rabu, 24 Jul 2019 09:06 WIB

Pakai Mesin Turbo, Honda Accord Bisa Lebih Irit Bensin

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda Accord. Foto: Rifkianto Nugroho Honda Accord. Foto: Rifkianto Nugroho
Bandung - Honda menggunakan mesin yang lebih kecil untuk sedan Accord. Kini, mobil yang cocok untuk para eksekutif tersebut tersedia dengan mesin 1.500 cc turbo.

Kapasitas mesin Accord ini lebih kecil dibanding generasi sebelumnya yang pakai mesin 2.400 cc. Menurut Project Leader of Honda Accord, Honda RnD Yasuhiro Nakano, penggunaan mesin yang berkubikasi lebih kecil ini bikin lebih irit BBM.


"Karena secara global kami juga ingin mengurangi emisi gas buang, dalam rangka itu sehingga kami mempertimbangkan dari 2.4 liter jadi 1.5 liter sehingga konsumsi BBM lebih irit dan tetap berperforma tinggi," kata Nakano di sela-sela media test drive Honda Accord menuju Bandung, Jawa Barat.

Disebutkan sebelumnya, mesin Honda Accord ini mirip dengan mesin Civic dan CR-V. Basis mesin ketiga mobil itu sebenarnya sama. Namun, Honda telah memberi pembaruan pada mesin 1.500 cc turbo untuk Accord ini.

Foto: Rifkianto Nugroho


"Memang basis mesinnya sama karena satu spesifikasi (1.5 liter turbo) tentu kode mesinnya sama, tapi kami banyak mengganti komponen di dalamnya. Sehingga menjadikan suatu mesin yang baru," kata Nakano di sela-sela media test drive Honda Accord menuju Bandung, Jawa Barat.


Perbedaannya ada pada perangkat turbo serta exhaust manifold. Mesin Honda Accord menggunakan cylinder head dengan bobot ringan dan die cast aluminium alloy bertekanan rendah dengan exhaust manifold yang dicetak langsung ke dalam cylinder head, sehingga tidak membutuhkan exhaust manifold yang terpisah.

Honda AccordHonda Accord Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto


Untuk meninngkatkan efisiensi dan responsif, manifold menggunakan desain '4-into-2', di mana delapan exhaust valve dikelompokkan menjadi dua set yang terdiri dari 4 valve yang masing-masing memiliki exhaust manifold dan exit port terpisah menuju cylinder head.

Sistem ini membantu aliran gas buang yang lebih mulus menuju turbocharger untuk operasi yang lebih efisien dan performa putaran rendah yang lebih responsif.



Nakano mengklaim mesin 1.500 cc turbo Honda Accord memiliki respons yang lebih cepat di putaran bawah. Diketahui, Honda Accord menggendong mesin 1.500 cc turbo DOHC VTEC dengan sistem direct injection. Mesin itu memiliki tenaga maksimal 190 PS pada 5.500 rpm dengan torsi maksimal 260 Nm pada 1.600-5.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Simak Video "Sopir Sedan yang Nyelonong ke Kebun Tembak Pacar Pakai Air Gun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com