Selasa, 23 Jul 2019 19:48 WIB

Mobil Listrik Tak Perlu Suara, Masih Ada Klakson dan Lampu

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil ramah lingkungan Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle yang tidak memiliki suara dalam mode EV-nya.Foto: Toyota Mobil ramah lingkungan Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle yang tidak memiliki suara dalam mode EV-nya.Foto: Toyota
Tangerang - Pemerintah sedang menggodok aturan yang memaksa mobil listrik bisa bersuara agar lebih aman buat pengguna jalan yang lain. Namun menurut Bintarto Agung, Presiden Direkur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), mobil listrik sejatinya sudah cukup aman.

"Nggak masalah kalau nggak ada suara juga, pengguna mobil kan bisa berkomunikasi dengan pengguna jalan lain lewat klakson atau lampu kalau jalanan sudah gelap," ujarnya kepada detikcom di Tangerang.



Sebelumnya Kasi Sertifikasi Tipe Kendaraan Bermotor Kemenhub, Jabanor mengatakan pemerintah akan memasukkan soal suara tambahan ini dalam aturan mobil listrik.

"Kesiapan dari Kementerian Perhubungan kami sudah memberikan masukan sesuai PM 33 tentang pengujian kendaraan bermotor, jadi April 2020 kami harus sudah menyiapkan regulasi terkait pengujian kendaraan bermotor listrik. Dalam penyusunan peraturan menteri pengujian kendaraan bermotor listrik kami referensinya UNR 100 untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Kemudian UNR136 untuk kendaraan bermotor roda dua, dan ditambah juga suara dari UNR 138 ," jelasnya.



Bintarto mengatakan tren mobil listrik sudah mewabah di dunia, dan pastinya kebiasaan masyarakat juga ikut berubah dalam hal mengendarai mobil.

"Ya kalau kita tengah berada di jalan yang kecil dan ada pejalan kaki berjalan di depan mobil kita tidak mendengar suara mobil, ya tinggal tekan klakson saja secara perlahan untuk memberi informasi kepada pejalan kaki di depan," ujarnya.

Begitu juga di kala malam, pengendara mobil listrik bisa menggunakan isyarat lampu untuk memberikan sinyal keberadaannya.



Mobil Listrik Tak Perlu Suara, Masih Ada Klakson dan Lampu


Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com