Selasa, 23 Jul 2019 10:47 WIB

Mau Cepat Ngecas Mobil Listrik? Listrik di Rumah Minimal 6.000 Watt!

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ilustrasi mengecas mobil listrik. Foto: Toyota Ilustrasi mengecas mobil listrik. Foto: Toyota
Tangerang - Mobil listrik sudah bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Meski harganya relatif mahal, orang Indonesia sudah mulai bisa membeli mobil. Namun perlu diingat, rumah anda harus punya daya yang besar agar bisa mengecas mobil listrik dengan cepat.

Menurut Senior Managing Coordinator Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Daisuke Itagaki saat ditanya detikcom soal daya rumah, dia mengatakan mobil listrik butuh pengisian baterai minimal 30 ampere.



"Jadi kalau 30 ampere, sekitar 6.000 watt. Kalau 6.000 watt Anda bisa mengecasnya selama 6 jam, kalau di bawah itu bisa lama," ujarnya.

detikcom sendiri pernah mencoba mengisi baterai mobil dengan listrik rumah yang mencapai 2.200 watt, dan memang dalam semalam, baterai mobil listrik itu belum penuh-penuh! Jadi kalau punya mobil listrik minimal tambah dulu daya listrik rumah Anda ya detikers.

Mau Cepat Ngecas Mobil Listrik? Listrik di Rumah Minimal 6.000 Watt!Foto: Rifkianto Nugroho


detikers juga bisa memasang stasiun pengisian baterai cepat yang harganya masih cukup mahal saat ini. Meski listrik yang harus ditambah dayanya, dari sisi perawatan, mobil listrik tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional. "Biaya perawatannya sama mobil konvensional beda tipis lah, kita masih harus mengganti oli biasa," ujarnya.



Dia menuturkan, untuk Indonesia, dengan kondisi infrastruktur seperti ini, mobil plug-in hybrid electric vehicle--mobil yang memiliki tenaga bensin dan listrik serta baterai yang bisa dicas dengan colokan listrik rumah-- paling ideal untuk Indonesia, ketimbang mobil listrik murni.

"Saya agak khawatir kalau mobil listrik murni dipakai untuk berkendara saat akhir pekan. Mobil listrik bisa dibawa jauh tapi agak khawatir (baterainya habis di jalan)," ujarnya.





Simak Video "Mobil Dinas Presiden Bisa Pakai Mobil Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed