Kamis, 18 Jul 2019 07:44 WIB

Harapan Presiden Agar RI Bikin Mobil dan Motor Listrik Sendiri

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil listrik. Foto: Rifkianto Nugroho Mobil listrik. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Peraturan presiden soal kendaraan listrik tengah dinanti pelaku industri otomotif di Tanah Air. Bocorannya aturan tersebut akan mendorong Indonesia untuk dapat memproduksi kendaraan listrik di tanah air.

Hal ini disampaikan Penasihat Khusus Menteri Bidang Kebijakan Inovasi dan Daya Saing Industri Kemenko Bidang Maritim, Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro usai forum grup diskusi di kantor BPPT, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).


"Perpresnya itu memang hanya untuk percepatan untuk terwujudnya kendaraan bermotor listrik berbasis baterai nasional. Jadi memang sangat spesifik jadi bukan semua mobil listrik," ujar Satryo.

"Murni listrik dan berbasis baterai nasional. Karena Presiden minta harus bisa seperti itu. Makanya di dalam perpres itu spesifik hanya mengatur yang itu, percepatan untuk kendaraan listrik berbasis baterai nasional," tambahnya.

Ia melanjutkan Perpres kendaraan listrik sebelumnya adalah inisiasi presiden agar segera memiliki kendaraan listrik buatan dalam negeri. Menurutnya membuat mobil listrik lebih mudah ketimbang mobil berbasis kendaraan bensin.

"Perpres mewujudkan harapan presiden bahwa Indonesia bisa bikin mobil atau sepeda listrik nasional yang menggunakan baterai," ungkap Satryo.

"Presiden mengatakan perlu kendaraan bermotor listrik nasional jadi kita terjemahkan apa nasional kan, setelah kita bahas lama, dan kami sebagai orang teknik bagaimana membuat kendaraan listrik," kata Satryo.


Ia mengatakan Indonesia sudah siap membuat kendaraan listrik khususnya Battery Electric Vehicles.

"Mobil listrik kan sederhana sekali hanya ada baterai, controller, dan motor penggerak. Baterai okelah kita sebagian masih ambil dari luar seal packagingnya. Motor penggerak Pindad sudah bisa," tambahnya.

Harapan Presiden Agar RI Bikin Mobil dan Motor Listrik Sendiri


Simak Video "Mobil Dinas Presiden Bisa Pakai Mobil Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed