Selasa, 16 Jul 2019 11:55 WIB

Spesifikasi Toyota Rush yang Ditarik karena Airbag Bermasalah

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Rush. Foto: Toyota Toyota Rush. Foto: Toyota
Jakarta - Toyota mengumumkan penarikan terhadap Low SUV Rush yang diproduksi Desember 2017 hingga Februari 2019. Keseluruhan model Rush yang diproduksi pada periode tersebut diduga mengalami masalah pada bagian ECU Airbag. Curtain side airbag berpotensi mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu.

Rush tersebut merupakan model terbaru yang masuk dalam generasi kedua. Rush sendiri baru dipermak Toyota usai 10 tahun diluncurkan di Indonesia berbarengan dengan kembarannya Daihatsu Terios. Banyak perubahan yang disematkan Toyota pada Rush model terbaru. Yang paling jelas adalah bagian eksterior karena Rush tak lagi memiliki konde di bagian belakang.


Kemudian Rush yang semula hanya mampu memuat lima plus dua penumpang dengan tambahan dua kursi di belakang kini sudah bisa diisi tujuh orang di dalamnya. Fitur-fitur di dalamnya pun diupgrade sehingga lebih canggih.

Rush
generasi kedua ini dibekali Auto A/C with digital display, comfortable tilt steering, start/stop button engine, power slot di setiap baris, kamera parkir di belakang, audio switch di setir, DVD AVX berukuran 7 inchi yang tersambung ke internet, USB, Bluetooth, iPod/iPhone, physical remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking, Smart Phone APP, hingga HDMI.

Interior Toyota RushInterior Toyota Rush Foto: Toyota


Fitur keamanan pun tak ketinggalan. Rush mengusung sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist Control (HAS), Emergency Brake Signal (EBS), Vehicle Stability Control, dan enam airbag.


Enam airbag itu tersemat di bagian depan dan sisi samping (side airbag) pengemudi dan penumpang. Side airbag berlokasi di bagian sisi kursi depan untuk melindungi penumpangnya bila mobil ditabrak atau menabrak pada bagian samping. Curtain airbag berlokasi di bagian pilar A dan C.

Airbag Toyota Rush.Airbag Toyota Rush. Foto: Toyota


Curtain side airbag yang terpasang pada Rush ini lah diduga mendapat pemrograman komputer yang tak sesuai sehingga dapat mengembang tiba-tiba dan membuat penumpang maupun pengemudi di dalamnya tak nyaman.

Para pemilik Rush pun diimbau untuk melakukan pengecekan kendaraannya dengan menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315.


Selain itu, pelanggan dapat juga mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam kampanye penggantian ECU Airbag Rush tersebut.

Simak Video "Calya Dipermak, Harga Naik Rp 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com