Senin, 15 Jul 2019 08:46 WIB

Mobil Listrik Toyota Berjubah Solar Panel

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. Toyota Foto: Dok. Toyota
Tokyo - Para produsen mobil berlomba-lomba untuk meningkatkan jarak tempuh mobil listriknya baik yang berupa hybrid atau plug-in hybrid. Salah satu solusinya adalah penyematan solar panel pada eksterior mobil.

Toyota sudah menyadari cara itu dan telah mengumumkan kesiapan Toyota Prius berjubah solar panel untuk diuji di jalan raya akhir bulan ini.

Uji coba Prius ini akan dilakukan di Jepang dengan dukungan Sharp Corporation dan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO). Sharp sendiri dalam kerja sama ini menjadi penyedia baterai solar panel menggunakan sel dengan tingkat efisiensi tinggi.



Seperti dilansir Carscoops, Toyota bertujuan untuk mencapai efektivitas dalam peningkatan jarak tempuh mobil listrik serta efisiensi bahan bakar untuk kendaraan terelektrifikasi yang disokong solar panel. Solar panel yang disiapkan oleh Sharp dipasang pada atap, kap, dan tutup bagasi belakang.

Mobil Listrik Toyota Berjubah Solar PanelFoto: Dok. Toyota


Solar panel yang digunakan pada mobil ini sudah melebihi tingkat efektivitas solar panel yang ada. Panel ini mampu mengkonversi lebih dari 34 persen energi panas menjadi listrik di mana saat ini kebanyakan solar panel baru sanggup mencapai maksimal 22 persen. Tentunya dengan adanya solar panel ini mobil akan terus mengalamai regenerasi daya selama terpapar sinar matahari.



Saat ini Prius terbaru yang sudah diproduksi sudah dibenamkan solar panel pada atapnya, namun dengan serapan energi untuk jarak 5km saja. Sedangkan yang akan diuji ini diklaim mampu menghasilkan energi untuk operasi kendaraan sejauh 44,5 km.

Hasil uji coba ini akan disimpulkan berdasarkan kondisi kawasan Toyota City, Tokyo dan area lainnya. Data dari hasil uji coba ini akan digunakan untuk pengembangan mobil listrik dengan sistem solar panel di masa datang.

Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com