Selasa, 09 Jul 2019 18:38 WIB

Negara-negara yang Naksir Avanza 'Made in Indonesia'

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Toyota yang siap ekspor Foto: Grandyos Zafna Mobil Toyota yang siap ekspor Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mobil berjenis Low MPV (Multi Purpose Vehicle/mobil serbaguna) memang khas dengan masyarakat Indonesia. Namun beberapa negara juga terlihat menyukai mobil-mobil di segmen Low MPV. Mengambil contoh Toyota Avanza yang merajai penjualan mobil bertahun-tahun di Indonesia.

Selain menjadi raja di Tanah Air, Avanza juga cukup laris di luar negeri. Peminatnya beragam, mulai dari negara tetangga hingga Amerika Selatan tertarik akan Avanza buatan Indonesia ini.


Tercatat Avanza dikirim ke Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Afrika Selatan, Nepal, Meksiko, Afrika Barat, Lebanon, Bangladesh, Tahiti, Pakistan, Madagaskar, Peru, Mauritius, Qatar, Oman, Bahrain, Uni Emirat Arab, Guatemala, Honduras, hingga Vanuatu seperti tercantum dalam data ekspor yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Ekspor Fortuner.Ekspor Fortuner. Foto: Pradita Utama


Masih dalam data yang sama, selain Avanza Low MPV yang juga diekspor ada Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga. Untuk tahun 2019, Xpander justru mendominasi dan menjadi yang terbanyak dikirim ke negeri orang. Mitsubishi selama lima bulan pertama tahun 2019, mengekspor 21.566 unit Xpander.


Sementara Avanza hanya terkirim sebanyak 11.135 unit dalam periode yang sama. Ertiga menjadi Low MPV paling banyak diekspor ketiga setelah Xpander dan Avanza. Total sepanjang Januari hingga Mei 2019, Suzuki mengirimkan 8.747 unit Ertiga di beberapa negara.

Xpander yang baru memulai debutnya sekitar satu tahun lalu juga mencatatkan sebagai mobil buatan Indonesia paling banyak diekspor. Seperti diketahui selama ini pasar ekspor mobil di Indonesia didominasi oleh Fortuner.

Simak Video "Avanza Veloz Sebangsa Ramaikan Warga Palembang"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com