Selasa, 09 Jul 2019 08:49 WIB

Pedagang Mobil Bekas Masih Takut Jual Mobil China

Rizki Pratama - detikOto
Bursa mobil bekas. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan Bursa mobil bekas. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta - Salah satu takaran kesuksesan mobil di Indonesia adalah nilai jual kembalinya di pasaran mobil bekas. Untuk satu ini merek-merek asal Jepang sudah barang pasti mudah sekali ditemukan.

Sayangnya merek mobil China seperti Wuling atau DFSK masih menjadi barang langka di bursa mobil bekas di Indonesia. Bahkan di bursa mobil bekas sebesar WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, belum satu pun pelapak yang percaya diri untuk menjualnya.



"Mobil China saya belum pernah cobain dan belum kelihatan di sini (WTC Mangga Dua). Soalnya kita juga belum tahu ya aftersalesnya gimana baru imagenya aja bagus kan," ujar Kepala Showroom Daryl's Motors, Danis saat disambangi detikcom di lapaknya, Senin (8/7/2019).

Lebih lanjut Danis mengungkapkan belum melihat peluang pasarnya untuk mobil China seperti Wuling dan DFSK di pasar mobil bekas. Pasar yang belum terbentuk ini disinyalir menjadi landasan Wuling dan DFSK belum mendapatkan pengakuan dari penjual mobil bekas.



"Kalaupun ada kita belum dapat pasarnya itu juga bikin orang malas karena harga jual kendaraan," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pelapak lain di kawasan WTC Mangga Dua. Sales RAF Motor, Agus malah mengatakan masih takut tak dibeli jika menyediakan mobil China tersebut. Ia menuturkan butuh waktu untuk penjual mobil bekas berani menjualnya paling tidak jika harga pasaran mobil bekasnya sudah stabil.

"Belum ada (mobil China), takut juga kita belinya. Soalnya belum ada penentu harga bekasnya, belum ada juga yang jual sih kalaupun ada sedikit banget, biasanya tunggu harga pasar dulu stabil baru orang berani jual," tutup Agus.

Simak Video "Kiprah Mobil China di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com