Sabtu, 06 Jul 2019 11:01 WIB

Taksi Robot Tesla Siap Tahun 2020

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil listrik Tesla Foto: Dina Rayanti Mobil listrik Tesla Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Perusahaan milik Elon Musk, Tesla bakal memiliki mobil self-driving yang sepenuhnya siap pada tahun 2020. Tesla menyebutnya sebagai "Robotaxi" yang dapat mengangkut penumpang tanpa ada orang di belakang kemudi.

Tesla memang diketahui mulai mengembangkan mobil tanpa pengemudi sejak tahun 2016, yang dikenal dengan sistem Autopilot.

CEO Tesla, Elon Musk menggambarkan pemilik Tesla dapat menggunakan mobil untuk melakukan perjalanan sehari, namun juga dapat menghasilkan uang dengan menonton mobilnya berkendara sendiri untuk layanan armada Robotaxi.



"Saya merasa sangat percaya diri memprediksi bahwa akan ada robotaxi otonom dari Tesla tahun depan," kata Musk seperti dikutip dari USA Today.

Konsep bisnis robotaxi seperti Airbnb dan Uber, Tesla menyebut bahwa setiap pemilik kendaraan dapat menjadi mitra dengan mendaftarkan dirinya ke aplikasi ride-hailing. Musk menjelaskan, Tesla akan mengambil komisi sebesar 25-30 persen dari pendapatan perjalanan itu, selanjutnya robotaxi akan ditempatkan di mana tidak cukup orang untuk berbagi mobil, di sana Tesla akan menyediakan armada khusus robotaxi.

Semua unit baru yang diproduksi Tesla sudah dibekali chip self-driving, yang menjadi standar untuk keamanan mobil otonom. Tesla juga mengandalkan kamera pemantau namun Musk mengatakan Tesla tidak akan menggunakan Light Detection and Ranging (LIDAR) untuk teknologi kendaraan otonomnya.



"Siapapun yang bergantung pada Lidar, akan menemui ajal, itu adalah sensol mahal yang tidak perlu," kata Musk seperti dicuplik dari USA Today.

Musk menyatakan model bisnis barunya ini terbentur karena masalah regulasi. Sebab hingga saat ini Amerika Serikat belum mengatur secara jelas perihal kendaraan otonom.



Simak Video "Tesla Termurah Hadir di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com