Jumat, 05 Jul 2019 13:46 WIB

Toyota Mulai Jual Ertiga, Harganya Tembus Rp 300 Juta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Diler Toyota di Kenya Jual Suzuki Ertiga. Foto: Twitter Toyota Kenya Diler Toyota di Kenya Jual Suzuki Ertiga. Foto: Twitter Toyota Kenya
Nairobi - Jalinan kerja sama antara Toyota dan Suzuki sudah mulai dilancarkan. Setelah Toyota meluncurkan Glanza yang merupakan versi rebadge dari Suzuki Baleno, kini Toyota mulai menjual Ertiga di dilernya.

Bukan di Indonesia, Toyota menjual Ertiga di Kenya. Toyota Kenya belum lama ini memperkenalkan Ertiga model 2019 di negaranya.

Menurut Toyota Kenya, Ertiga bermesin bensin 1.500 cc paling cocok untuk bisnis kecil di sana. Banyak masyarakat Kenya yang memanfaatkan mobil MPV atau station wagonn untuk menjadi kendaraan bisnis.



"Kebutuhan ruang yang terus meningkat mendorong pelanggan untuk mencari station wagon (MPV) yang luas dan Ertiga terbaru memberikan ini," kata Managing Director Toyota Kenya Arvinder Reel.

Mengutip laman Gaadiwadi, Toyota Kenya menjual Ertiga dengan harga 2,65 juta Shilling Kenya. Jika dirupiahkan dengan kurs hari ini (1 Shilling Kenya = 137,92) berarti harga Ertiga di sana tembus Rp 365 juta.

Diberitakan sebelumnya, Toyota dan Suzuki akan saling berbagi mobil. Dengan kolaborasi itu, Suzuki akan menjual Corolla dengan logo 'S', sementara Toyota akan menjual Ertiga, Vitara Brezza, Ciaz, dan Baleno di India dan beberapa negara di Afrika.



Tapi, strategi itu tidak diterapkan di Indonesia. PT Toyota-Astra Motor sebagai agen pemegang merek Toyota di Indonesia menegaskan tidak akan menjual mobil Suzuki di Indonesia.

"Kan decision dari TMC sudah jelas, kalau di India dia akan kolaborasi sama Suzuki, kalau Indonesia kolaborasi sama Daihatsu," ucap Executive General Manager Marketing Planning PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto kepada detikcom belum lama ini.

"Jadi kalau ditanya apakah nanti ada kolaborasi sama Suzuki di Indonesia, jawabannya nggak, karena di Indonesia sudah ada (kolaborasi bersama) Daihatsu," sebut Suryo.

Simak Video "Calya Dipermak, Harga Naik Rp 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com