Kamis, 04 Jul 2019 14:43 WIB

Dibanding BMW, Mercy Lebih Banyak Dipilih Jadi Mobil Pemimpin Negara

Dina Rayanti - detikOto
Mercedes-Benz. Foto: Istimewa Mercedes-Benz. Foto: Istimewa
Jakarta - Mercedes-Benz sering terlihat menemani para pemimpin negara di seluruh dunia. Seringkali Mercedes-Benz dari seri S-Class dipilih sebagai tunggangan orang nomor satu di suatu negara. Melansir situs Autoweek setidaknya ada 13 dari 45 kepala negara yang menumpangi Mercedes-Benz sebagai kendaraan dinasnya.

Jumlah tersebut lebih banyak dari BMW. Dalam daftar tersebut, hanya tiga kepala negara yang menggunakan BMW sebagai mobil dinasnya sehari-hari.


Mobil Mercy yang digunakan para pemimpin negara ini pun beragam. Mulai dari MPV hingga sedan. MPV Mercedes-Benz Vito yang tahan terhadap peluru digunakan oleh presiden Argentina. Kemudian presiden Mesir justru memilih Mercedes-Benz S-Class keluaran 2013.

Mercedes-Benz S600 dipilih oleh presiden Finlandia dan juga Jerman. Sedangkan varian Pullman yang memiliki bentuk lebih panjang dari S600 digunakan oleh presiden Kenya dan Raja Maroko.

Lalu ada beberapa pimpinan negara lain yang diketahui mempercayakan keamanannya di jalan pada Mercedes-Benz seperti perdana menteri Belanda, presiden Nigeria, Petinggi Korea Utara, perdana menteri Norwegia, perdana menteri Pakistan, presiden Filipina, termasuk presiden Indonesia. Tentunya mobil telah dilengkapi spesifikasi untuk melindungi seorang pemimpin negara di dalamnya.

Deretan mobil itu dipilih karena dipercaya bisa melindungi orang penting yang duduk di dalam dari segala tindakan kriminal. Dalam situs resmi Daimler disebutkan ada beberapa model yang ditawarkan dengan proteksi ekstra mulai dari S-Guard, E-Guard, dan G-Guard. Yang tertinggi ada pada varian S-Guard.


Sesuai dengan permintaan, mobil anti-peluru bisa menahan tembakan, granat, hingga ledakan sekalipun namun penumpang di dalamnya tetap merasa nyaman.

Mobil dengan proteksi tinggi milik BMW yang digunakan para petinggi negara adalah seri 7. Sedan seri-7 tercatat menemani perdana menteri India, perdana menteri Irlandia, dan perdana menteri Australia. Tak mau kalah dengan Mercedes-Benz, BMW juga melengkapi mobilnya dengan proteksi tingkat tinggi. Dengan begitu siapapun yang berada di dalam mobil tak perlu merasa khawatir ketika melewati huru-hara. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com