Avanza Lebih Laris karena Harga Xpander Naik Terus?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 28 Jun 2019 16:12 WIB
Toyota Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Toyota mempercantik wajah Avanza pada pertengahan Januari 2019. Di tengah persaingan ketat segmen Low MPV, Toyota memilih untuk mempertahankan harga Avanza meski mendapat beberapa ubahan. Padahal pada Maret beberapa model yang ditawarkan Toyota mengalami peningkatan harga.

Hingga saat ini, harga Avanza masih bertahan. Dalam situs resmi Toyota Astra Motor harga Avanza termurah dibanderol Rp 191,1 juta hingga varian termahal pada model Veloz seharga Rp 239,45 juta. Avanza pun tampaknya tengah mencicipi dampak positif dari strategi penahanan harga itu.


Secara penjualan wholesales (dari diler ke pabrik) yang tercantum dalam data distribusi milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Avanza sudah mengasapi sang kompetitor utama Mitsubishi Xpander selama empat bulan berturut-turut dari Februari hingga Mei 2019.

"Mungkin saja faktor strategi harga. Dalam memberikan pilihan terbaik untuk calon konsumen selain harga ada faktor produk, promosi/komunikasi. layanan-layanan seperti purna jual," ungkap Executive General Manager Marketing Planning PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi detikcom, Kamis (27/6/2019).


Seperti diketahui, sepanjang lima bulan pertama tahun 2019 harga Xpander sudah naik sebanyak dua kali. Kenaikan Xpander disebutkan Mitsubishi salah satunya adalah karena Bea Balik Nama yang mengalami kenaikan hingga harga Xpander harus menyesuaikan.

Sementara jika diperhatikan sejak awal peluncuran pada Agustus 2017, Mitsubishi telah enam kali menaikan harga Xpander. Hal itu membuat Xpander menyandang predikat sebagai Low MPV termahal di Indonesia.

Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)