Selasa, 28 Mei 2019 17:13 WIB

Apa yang Bikin Mercedes-Benz S600 Kuat Jadi Mobil Presiden?

Dina Rayanti - detikOto
Mercedes-Benz S600. Foto: Ari Saputra Mercedes-Benz S600. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mercedes-Benz S600 yang kini menemani presiden Joko Widodo rupanya sudah bertugas sejak era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Hingga kini mobil masih awet mengantar Jokowi saat bertugas.

Padahal, Jokowi mungkin saja menggantinya dengan model yang lebih baru atau bahkan merek lain. Pihak Mercedes sendiri mengakui mobilnya tahan banting sehingga masih kuat mengantar RI 1 ketika bertugas selama bertahun-tahun.


Mobil Mercy memang identik sebagai kendaraan kepresidenan. Banyak kepala negara yang mempercayakan Mercy sebagai mobil dinasnya. Mercedes-Benz S-Class memang dirancang oleh pabrikan Jerman itu untuk merepresentasikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Seperti dilansir situs The Journal, Mobil ini merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

Mercedes-Benz memang sengaja membuat S600 Pullman Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.


Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed