Jumat, 24 Mei 2019 08:13 WIB

Toyota Bersiap Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Pabrik milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang. Foto: Agung Pambudhy Pabrik milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengaku sudah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut era elektrifikasi di kendaraan roda empat. Sejalan dengannya, mobil penumpang tersebut juga akan menggunakan platform terbaru yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA).

Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono kepada beberapa wartawan usai berbuka puasa bersama di Jakarta, Kamis (23/5/2019) semalam.



"Produk-produk ke depan kita itu pasti akan menggunakan TNGA. Tapi untuk waktunya, akan in-line dengan electric vehicle. Jadi, saat kita memperkenalkannya, di saat itu juga kita akan hadir platform TNGA," ungkapnya.

Namun memang, terkait kepastian waktunya masih belum bisa diumumkan. Sebab pihak TMMIN masih menunggu kebijakan pemerintah terlebih dahulu yang disebut akan selesai pada tahun ini.

"Bila berbicara persiapan, kita sebenarnya sudah menyiapkannya. Jadi saat ketentuannya berlaku diharapkan kita sudah siap. Jadi, ini kalau berbicara waktu entah 2021 atau 2022, ya lihat nanti saja," tanggap Warih.



"Untuk modelnya, tentu yang ngetren. Bila melihat tren saat ini kan baik domestik maupun ekspor ada pergeseran dari mobil berjenis MPV (Multiple Purpose Vehicle) ke SUV (Sport Utilize Vehicle). Jadi ya di antara itu," lanjut dia.

Warih menambahkan, yang jelas produk yang akan disajikan akan berbeda dari yang telah diperkenalkan sebelumnya. "Produknya baru, bukan model sekarang," kata dia lagi.

TNGA sendiri merupakan platform global baru yang dihadirkan Toyota dengan berbagai sentuhan modern dan lebih aerodinamis. Hal ini dapat terlihat dari desain atraktif, struktur bodi rigid, pengendalian responsif, dan sebagainya. Di Indonesia, mobil Toyota yang sudah menggunakan platform ini adalah Toyota Prius, Camry terbaru, serta C-HR.

Jadi, apakah dimulai dari Fortuner dan Innova generasi baru? Kita tunggu saja ya, detikers! (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed