Kamis, 23 Mei 2019 15:16 WIB

Xpedisi Xpander Jelajah Jawa 2.000 Km

Catatan Hari Pertama: Terjebak di Cikarang, Gaspol ke Semarang

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Tim 'Xpedisi Xpander 2.000 Km Jawa' memulai etape pertama dengan rute Jakarta - Semarang. Perjalanan ini dilakukan dari kantor detikcom di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Rabu (22/5/2019).

Untuk rute yang dipilih, langsung masuk melalui tol dalam kota, kemudian lanjut ke tol Jakarta-Cikampek. Perjalanan mengendarai mobil Mitsubishi Xpander ini sempat menemui kendala mana kala tim harus terjebak macet sepanjang kurang lebih 20 km.



Saat itu kondisi lalu lintas sebenarnya tampak normal dan lancar sebelum kami menemui gejala stuck dekat pintu exit tol Jatibening. Penyebab macet karena terjadinya long span proyek yang terjatuh di kilometer 28.

Kecelakaan long span proyekKecelakaan long span proyek Foto: Dok. Jasa Marga


Kemacetan ini diperparah dengan banyaknya truk ekspedisi dan truk tronton yang berseliweran. Bagi pemudik yang melewati tol Jakarta-Cikampek kami sarankan hati-hati, sebab selain ada proyek tol Japek Layang, ada juga proyek pembangunan LRT yang pengerjaannya sedang dikebut pemerintah.

Usai melewati titik kemacetan akhirnya kami langsung 'gaspol' ke Semarang, dengan total jarak tempuh sekitar 432,8 km. Kondisi lalu lintas tol cukup lancar
semenjak keluar pintu tol Cikarang Utama.

Gerbang tol Cikampek Utama dan Kalihurip utamaGerbang tol Cikampek Utama dan Kalihurip utama Foto: Dian Firmansyah


Oh iya, sekadar informasi, nantinya pintu tol Cikarang Utama di kilometer 29 ini akan dinonaktifkan. Sebagai gantinya, pintu tol akan digeser jauh ke kilometer 70 di Cikampek.

Video Gerbang Tol Cikarang Utama Digeser ke Km 70

[Gambas:Video 20detik]



Sepanjang perjalanan, kami melihat sejumlah perbaikan di beberapa titik jalan. Yang paling sering ditemui adalah, proses pemasangan rambu-rambu di pembatas jalan agar bisa terlihat jelas di malam hari.

Dalam catatan kami, ada sejumlah ruas yang mesti diwaspadai pemudik jika ingin pulang kampung dalam satu dua hari ke depan. Pertama ada di titik kilometer 137 di mana sedang dilakukan perbaikan jalan.

Lalu setelah melewati pintu tol Brexit (Brebes Exit), ada beberapa lubang di jalanan yang patut diwaspadai pengendara mobil. Dan pada kilometer ke 311, ada perbaikan aspal jalan yang membuat konturnya agak bergelombang.

Hati-hati di jalan tol Hati-hati di jalan tol Foto: Luthfi Anshori


Kabar baik bagi yang ingin mudik ke Semarang, ruas tol Pemalang hingga Semarang sudah cukup bagus, jalanannya pun mulus. Meski di beberapa titik seperti Kali Kuto, penerangannya belum memadai, sejumlah ruas jalan sudah dibekali pencahayaan yang sangat baik, mulai dari Weleri-Kendal, sampai ke ruas tol mendekati pintu tol Kali Kangkung.

Untuk biaya tol sendiri, total kami menghabiskan sekitar Rp 312.000, dengan rincian tol Kuningan-Jakarta bayar Rp 9.500, Cikarang Utama - Palimanan bayar Rp 117.000, dan Palimanan Utama - Kali Kangkung bayar Rp 185.500.

Gerbang tol Kali Kang KungGerbang tol Kali Kangkung Foto: Luthfi Anshori


Di hari kedua (23/5/2019) Xpedisi Xpander 2.000 Km Jawa melanjutkan perjalanan dengan rute Semarang-Surabaya-Malang. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed