Kamis, 23 Mei 2019 14:50 WIB

Pilihan Jenis Mobil yang Pas Dipakai untuk Mudik

Akfa Nasrulhaq - detikOto
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Jelang Hari Raya Idul Fitri, sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia bersilaturahmi menuju kampung halamannya alias mudik yang tak jarang harus ditempuh dengan jarak jauh. Bagi Otolovers yang mudik melalui jalur darat, tentunya akan lebih nyaman menggunakan mobil pribadi ketimbang transportasi umum.

Namun, bagi yang sengaja membeli mobil untuk mudik, kira-kira tipe mobil apa yang pas untuk menjadi pilihan? Berikut beberapa pilihan tipe mobil yang bisa menjadi pertimbangan untuk digunakan mudik menuju kampung halaman.



Tipe Mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV)

Tipe mobil MPV bisa menjadi pilihan untuk menunjang perjalanan mudik bagi keluarga besar. Dari segi kapasitas penumpang, biasanya MPV dapat menampung hingga 7-8 orang penumpang, termasuk sopir. Bahkan, saat ini ada juga produsen yang mengeluarkan MPV dengan kabin besar yang mampu menampung hingga 10 orang penumpang.

Untuk kapasitas mesin mobil jenis ini, rata-rata di atas 1.500 cc sehingga tenaganya dapat diandalkan. Sementara dari segi kenyamanan, beberapa MPV saat ini diproduksi dengan struktur bodi monocoque, membuat laju menjadi lebih stabil.

Beberapa jenis mobil MPV yang bisa menjadi pilihan, yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Isuzu Panther, Daihatsu Luxio, dan lain-lain. Namun, kekurangan tipe mobil MPV adalah kurangnya kemampuan melewati jalan yang rusak karena adanya ground clearance yang tergolong rendah, meski ada juga beberapa mobil sudah memiliki ground clearance di atas 200 mm.

Tipe Mobil Sport Utility Vehicle (SUV)

Mobil jenis ini bisa menjadi alternatif selain dari MPV, karena umumnya memiliki ground clearance yang tinggi, yakni di atas 20 cm. Mobil dengan jenis ini sangat ideal dipakai untuk melibas jalanan berbatu atau medan off road yang ringan.

Namun, kekurangannya dari MPV, mobil SUV memiliki daya tampung yang jauh lebih kecil, rata-rata hanya untuk 5 orang. SUV bisa menjadi pilihan bagi keluarga kecil, seperti dengan 2 anak untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan. Namun, saat ini juga sudah ada produsen yang mengeluarkan SUV dengan kapasitas 7 hingga 8 penumpang.

Dari segi mesin, mobil SUV rata-rata berkapasitas besar sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Beberapa pilihan mobil SUV yang bisa menjadi pilihan, seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush, Toyota Fortuner, Toyota Land Cruiser, dan lain-lain.

Sementara untuk penggunaan mobil kecil sekelas city car atau hatchback, idealnya tidak disarankan untuk digunakan dalam rute jarak jauh. Meskipun kedua jenis mobil ini dapat menampung hingga 4 sampai 5 penumpang atau keluarga kecil, namun dinilai rawan dipakai dalam rute luar kota yang biasanya dipenuhi oleh kendaraan besar, seperti bus atau truk.




Nah, dari kedua jenis mobil di atas, pilihan penuh ada di tangan Anda. Anda dapat mempertimbangkannya dari segi bujet, ketahanan mesin, kenyamanan kabin dan tentunya kapasitas penumpangnya.

Bagi yang sudah berencana membeli mobil untuk mudik, ada program menarik nih. Detikcom bekerja sama dengan Seva.id memberikan kemudahan memiliki kendaraan roda empat BBM (Berkah Beli Mobil) yang hanya ada selama bulan Ramadhan 2019.

Dengan mengikuti BBM, pembaca bisa mewujudkan impian membeli mobil idaman tanpa uang muka atau DP. Di program ini, Seva.id bahkan menggratiskan DP mobil hingga Rp 50 juta untuk 5 orang pemenang. Periode promo ini berlaku sejak 14-31 Mei 2019 dan pemenang akan diumumkan pada 18 Juni 2019.

Ayo ikuti program BBM untuk mendapatkan mobil impian dengan segala kemudahannya. Segera daftar di sini. (idr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com