Kamis, 16 Mei 2019 13:02 WIB

Jalannya Terseok, Toyota Nilai Sienta Masih Oke

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Sienta Foto: Toyota Toyota Sienta Foto: Toyota
Jakarta - Sejak akhir 2017 lalu, popularitas Toyota Sienta terus-terusan merosot. Berdasarkan data penjualan terakhir yaitu bulan Maret 2019, dari tujuh model Sienta yang ditawarkan hanya 35 unit terdistribusi. Pihak Toyota pun nampaknya belum berencana untuk memberi sentuhan pada Sienta agar kembali moncer.

Meskipun seperti itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku bahwa Sienta masih cukup stabil. Sebab memang pada dasarnya mobil itu tidak disajikan sebagai kendaraan utama untuk warga Indonesia.



"Toyota Sienta, menurut kita sih masih oke penjualannya. Dalam artian, peminatnya masih ada dengan market share sebesar 1,5%. Memang, buat kita Sienta itu bukan primary model seperti Avanza, Kijang Innova, ataupun Calya. Dia memiliki pasarnya tersendiri," Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta, semalam (15/5/2019).


"Jadi tidak bisa dibandingkan penjualan Sienta dengan primary model lainnya. Saya juga masih yakin bahwa di pameran GIIAS 2019 mendatang, akan ada peningkatan," lanjut dia.



Perlu diketahui, Dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Sienta tampak merosot sejak November 2017. Pada Oktober 2017 Toyota masih mampu mendistribusikan 1.485 unit Sienta ke diler-diler, pada November hanya 25 unit.



Tren penurunan ini terus berlanjut hingga sampai akhir tahun 2018 kemarin (Januari-Desember), dimana Toyota tak pernah mengirim Sienta hingga 1.000 unit setiap bulannya. Sepanjang tahun 2018, Toyota paling banyak mendistribusikan 747 unit Sienta tepatnya pada September.


Masuk lembaran baru di 2019, nasib Sienta masih belum moncer. Pada Januari 2019, Toyota hanya mengirim 66 unit Sienta, dilanjutkan 111 unit pada bulan setelahnya. Maret 2019, hanya 35 unit Sienta yang sudah didistribusikan dari pabrik ke diler.

Mengacu pada pernyataan Soerjo, Toyota Sienta masih memiliki pasar sebesar 1,5%. Dengan kata lain, mobil itu masih punya peluang untuk terjual hingga 300-an unit.

Masih Terseok, Toyota Nilai Sienta Masih OkeFoto: Zaki Alfarabi


[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed