Sabtu, 11 Mei 2019 08:17 WIB

Di Malaysia Kaca Mobil Belakang Boleh Gelap Biar Tak Panas

Dina Rayanti - detikOto
Kaca film Foto: Istimewa
Kuala Lumpur - Aturan soal kaca mobil berbeda-beda setiap negara. Ada yang melarang menggunakan kaca film gelap demi alasan keselamatan. Namun ada juga yang justru membolehkannya.

Di Malaysia misalnya, baru-baru ini otoritas setempat merilis aturan baru soal tingkat kegelapan kaca mobil belakang yang kini boleh gelap berkaitan dengan cuaca panas di Malaysia. Tahun ini diperkirakan suhu panas di Malaysia bakal meningkat dan berlangsung lebih lama dari seharusnya.



Sebelumnya aturan kaca film atau Visible Light Transmission (VLT) 30 persen untuk bagian belakang disebutkan asosiasi pedagang aksesoris otomotif Malaysia sudah cukup gelap. Di bawah itu justru bisa mengganggu penglihatan pengendara.

"Jika kaca bagian belakang sangat gelap, penglihatan pengendara juga terhalang. Mungkin kalau siang hari tak ada masalah, tapi itu menjadi hal serius apabila berkendara malam," kata presiden asosiasi pedagang aksesoris Malaysia Lim Bee Choo dikutip The Star, Sabtu (11/5/2019).

"Pengendara akan memiliki visibilitas yang minim. Ini juga sudah menjadi penelitian badan keselamatan jalan Malaysia bertahun-tahun. Kami menerima saja aturan itu, namun juga memikirkan keselamatan pengendara kalau keseluruhan harus gelap," ujarnya.

Menurut Lim, banyak pengendara yang justru menyesal usai memasang kaca film gelap padahal sebelumnya menilai tampilan mobil keren. "Mereka menyadari kesulitan melihat jalan apalagi saat malam atau hujan dan akhirnya melepasnya kembali," sebutnya.


(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com