Kamis, 09 Mei 2019 16:15 WIB

Penjualan Tak Sebanyak Xpander, Toyota Yakin Avanza Masih Ditunggu

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor Toyota Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Penjualan Toyota Avanza pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 masih kalah banyak dengan kompetitor utamanya Mitsubishi Xpander.

Selisih antara keduanya cukup signifikan. Mitsubishi mencatat Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 2.157 unit untuk model Xpander, sedangkan Toyota hanya mampu menjual 1.106 unit dalam 11 hari pameran digelar.


Meski begitu, Toyota masih yakin kalau Avanza dinanti oleh para pencintanya walaupun angka penjualannya lebih sedikit dari Xpander. Executive General manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto juga menyebut tengah fokus mengkampanyekan mobil listrik. Seperti diketahui beberapa hari sebelum ajang IIMS dibuka, Toyota merilis C-HR Hybrid.

Toyota C-HR hybridToyota C-HR hybrid Foto: Pradita Utama


"IIMS kali ini kami lebih memfokuskan pada hybrid technology sebagai perwujudan kesiapan kami sebagai APM dalam menjawab keinginan pemerintah untuk elektrifikasi. Penyelenggaraan IIMS yang berdekatan dengan lebaran merupakan momen yang tepat untuk kami mendapatkan pesanan kendaraan lebih banyak dari biasanya," tutur Soerjo kepada detikcom, Kamis (9/5/2019).

"Dan Avanza tetap menjadi pilihan di hati pelanggan," lanjut Soerjo.


Secara total, Toyota mampu menjual 3.872 unit secara keseluruhan selama pameran IIMS digelar 11 hari. Angka transaksi melebihi Rp 1,1 triliun dengan Avanza sebagai tulang punggung diikuti Rush, Calya, dan Fortuner.

Persaingan antara Avanza dan Xpander masih bakal terus menghangat. Mitsubishi baru-baru ini menambah satu unit varian Xpander yang dijual dalam jumlah terbatas. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com