ADVERTISEMENT
Senin, 29 Apr 2019 17:37 WIB

Persiapan Mobil Listrik Anak Bangsa untuk Ikut Rally Dakar

Rizki Pratama - detikOto
Mobil Listrik Mahasiswa Blits siap Tempur di Reli Dakar 2020. Foto: Rizki Pratama/detikcom Mobil Listrik Mahasiswa Blits siap Tempur di Reli Dakar 2020. Foto: Rizki Pratama/detikcom
Jakarta - Mobil offroad bertenaga listrik Neo Blits sebagai penerus Blits yang dibuat dari kerja sama Universitas Budi Luhur dan Intstitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berencana akan berkompetisi di Speed Offroad Rally Dakar 2020. Untuk memenuhi kriteria balapan profesional, pihak yang ahli di bidang tersebut juga dilibatkan termasuk pembalapnya.

Oleh karena itu, pereli Indonesia Julian Johan ambil bagian dalam proyek tersebut bersama timnya untuk mencapai hasil yang baik. Johan akan mengambil alih pengembangan konstruksi sedangkan mahasiswa yang terlibat akan fokus pada sistem penggerak motor listriknya.



"Untuk menuju balap speed offroad ini emang concern pertama di luar tim kampus yang memaksimalkan eletriknya. Saya dan tim akan membantu sisi safety dan semua yang berhubungan dengan performance saat balap," ujar Johan dalam konferensi Neo Blits di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2019).



Johan menjelaskan lebih lanjut apa saja modifikasi yang ia butuhkan agar mobil tersebut mampu berkompetisi di kancah balap offroad internasional itu.

"PR-nya kalau kita lihat sekarang ini kita akan membuat ulang lagi framenya. Kita juga menyadari ini buatan mahasiswa dalam tahap awal belajar pasti masih banyak yang harus dibenahi. Mahasiswa akan dibantu langsung oleh modifikator yang sudah terbiasa membangun sasis tubular untuk balap," papar Johan.

Selain rangka, bagian paling penting dalam offroad adalah kaki-kaki dan tentunya keamanan. Konsep Neo Blits yang sudah menggunakan suspensi independen akan tetap dipertahankan namun dengan penyesuaian oleh tim balap Johan.



"Suspensi kita akan tetap menggunakan independen tapi mahasiswa akan mendapatkan guidance dari modifikator untuk menangani suspensi offroad," lanjut Johan.

Sebelum bersaing di Speed Offorad Rally Dakar 2020, Neo Blits berkesempatan untuk menjajal Kejurnas Offroad akhir tahun 2019 ini. Di sana Neo Blits akan turun sebagai eksibisi karena memang belum ada kelas offroad bertenaga listrik di ajang offroad nasional itu.

"Di akhir tahun ini, di salah satu seri kejurnas speed off road kita sudah bisa eksibisi. Di situ Neo Blits akan 'numpang trek' karena belum ada kelasnya untuk listrik," tukas Johan. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com