Rabu, 10 Apr 2019 16:48 WIB

Terganggu dengan Klakson Berisik, Gadis Kecil Surati Bos Otomotif

Ruly Kurniawan - detikOto
Suara Klakson Bisa Terdengar nyaring di India Foto: (Masaul/detikcom) Suara Klakson Bisa Terdengar nyaring di India Foto: (Masaul/detikcom)
Mumbai - Ide dan inspirasi dalam mengembangkan suatu produk kendaraan bisa datang dari mana saja. Biasanya, produsen otomotif mengumpulkan beragam data dan pertimbangan dari pihak internal maupun eksternal (pengguna setianya).

Namun siapa sangka bahwa inspirasi itu datang dari seorang gadis kecil? Itulah yang dialami oleh bos Mahindra Group Anand Mahindra setelah menerima sepucuk surat dari gadis cilik berusia 11 tahun bernama Mahika.



Dilansir Motoroids, Anand menerima surat bertulis tangan tersebut di kantornya. Surat dikirimkan oleh ayah sang gadis. Awalnya ia tak terlalu berharap atas sepucuk surat tersebut. Namun setelah membacanya, Anand sangat terharu dan ia memutuskan untuk mengunggahnya di Twitter.

Dalam surat itu, Mahika bercerita bahwa ia sangat menyukai mobil dan motor. Ia juga selalu bersemangat, setiap kali diajak bepergian jauh menggunakan mobil oleh keluarganya.


Namun, ada satu hal yang dikeluhkan gadis asal Mumbai itu, yakni kebiasaan pengguna jalan yang membunyikan klakson secara berlebihan.

"Saya lihat, banyak yang membunyikan klakson berlebihan saat terjebak macet. Mereka tidak mengerti, klakson tidak akan membuat kendaraan bergerak," tulis Mahika dalam suratnya.



"Tidak hanya menghabiskan energi, klakson juga membuat polusi suara. Pejalan kaki dan pengguna jalan sekitar tentu terganggu dengan klakson berlebihan dan tidak perlu itu," lanjut dia.


Di akhir surat, Mahika juga memiliki ide untuk mengatasi masalah tersebut. Ia meminta Anand agar membuat klakson yang hanya bisa digunakan sebanyak beberapa kali saja dalam waktu satu jam. Durasi penggunaannya pun dibatasi.

"Di akhir hari yang melelahkan, saat Anda menerima surat seperti ini, semua letih hilang. Saya tahu saya bekerja untuk orang-orang seperti Mahika, yang menginginkan dunia lebih baik dan tenang," kicau Anand lewat Twitter miliknya.



(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com