Rabu, 10 Apr 2019 14:30 WIB

Sudah Lulus Uji Tipe, Kapan Mobil Esemka Diproduksi Massal?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: dok detikOto Foto: dok detikOto
Jakarta - Delapan tipe mobil Esemka diklaim sudah menjalani Uji Tipe dan dinyatakan lulus. Sesuai pernyataan Kepala Balai Sertifikasi Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub, Caroline Noorida Aryani, setelah lulus Uji Tipe di Kementerian Perhubungan, mobil Esemka akan mendapat SUT (Sertifikat Uji Tipe).

"Setelah diuji tipe, apabila memenuhi ketentuan teknis dan laik jalan, akan dikeluarkan SUT Sertifikat Uji Tipe, dari Direktorat Sarana Perhubungan Darat," lanjut Caroline. Saat ditanya, kapan kemungkinan mobil Esemka bisa diproduksi massal, Caroline mengatakan itu bukan ranahnya.



"Kapan (Esemka) diproduksi (massal) kami tidak tau," kata Caroline lagi.

Esemka sendiri sebelumnya disebut-sebut telah memiliki Sertifikat Uji Tipe (SUT), tapi hal itu pun masih simpang siur karena mobil-mobil Esemka dikatakan belum memenuhi standar Euro4.

"Penerbitan TPT untuk 6 tipe kendaraan bermotor PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) tersebut dilakukan di kisaran Juli-Agustus 2017. Dimana saat itu pengujian emisi masih menggunakan standar Euro 2. Dengan diberlakukannya standar Euro 4 per-Oktober 2018, maka kendaraan terkait harus diuji ulang di Kemenhub. Adapun terkait uji emisi adalah merupakan kewenangan dari Kemenhub," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika pada Oktober 2018 lalu.

Sebagai informasi mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia, sejak Oktober 2018 harus memenuhi Peraturan Menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017, tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro4. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed