Berita Populer: Hyundai Kona Tantang HR-V cs, Nama Mobil Saru

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 09 Apr 2019 07:13 WIB
Berita Populer: Hyundai Kona Tantang HR-V cs, Nama Mobil Saru
Foto: Ridwan/detikOto

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) resmi mengumumkan akan mendaratkan mobil barunya ke Tanah Air bertepatan dengan ajang Indonesia Internasional Motor Show 2019. Hyundai Kona turut meramaikan segmen Compact SUV untuk bersaing bersama Honda HR-V, Toyota CH-R, hingga Mazda CX-3.

"Hyundai Kona ini positioningnya berada di bawah Hyundai Tucson, rencananya akan dilaunching pada IIMS 2019,", ujar di Simprug, Jakarta Selatan, Senin (01/04/2019).

Jenama asal Korea ini semakin menambah deretan SUV-nya sejak pertama kali meluncurkan model SUV Santa Fe dan Tucson. HMI mengklaim bukan hanya desainnya saja namun juga teknologi yang digunakan merupakan teknologi mutakhir. Mobil ini bisa melambangkan siapa pemiliknya.

Bagian depannya terlihat lebih ekspresif dan bertenaga serta mengadopsi identitas baru Hyundai, gril yang lebih mengalir. Lampu depan kembar menambah tampilan visual ditambah dengan lampu LED DRL yang berada di atas lampu depan. Garis depan dan belakang yang tegas menambah kesan mobil yang lebih lega dan juga luas.

"Kalau kita melihat bahasa desain memang Kona keluarga pertama di keluarga Hyundai yang menggunakan lampu di bawah bumper, setelah itu menyusul Santa Fe," ujar Hendrik.

Belum terungkap bagian interior di Tanah Air, namun diketahui seperti yang sudah diungkap lebih lembut sehingga lebih terkesan sensual dan lembut sementara bagian yang berwarna gelap mencerminkan mobil memiliki karakter garang dan mengusung teknologi mutakhir.

Ada dua pilihan mesin yang ditawarakan Hyundai untuk disematkan pada Kona yakni 1.6 L Turbo dan 2.0 L dengan transmisi automatic yang dikembangkan sendiri oleh Hyundai yakni dual clutch 7 percepatan dan four-wheel drive. Terakhir Hendrik mengatakan mesin berbasis elektrik pun akan menyusul di waktu yang akan datang.