Selasa, 02 Apr 2019 12:40 WIB

Punya Santro yang Dijual Rp 100 Juta, Hyundai Jauhi LCGC

Ridwan Arifin - detikOto
Hyundai Santro hanya dijual di India (Foto: Hyundai) Hyundai Santro hanya dijual di India (Foto: Hyundai)
Jakarta - Hyundai Santro merupakan mobil yang dilahirkan di pabrik India, Santro dibanderol sekitar 370 ribu rupee atau setara dengan Rp 75 jutaan. Cukup menarik mengingat mobil murah (LCGC) buatan Jepang di Indonesia saja sekarang sudah masuk di atas Rp 100 jutaan.

Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mengatakan meski Indonesia bakal memiliki basis produksi mobil jenama asal Korea ini, kecil kemungkinan juga memproduksi mobil murah tersebut. Meski Indonesia dikabarkan bakal menjadi basis produksi kendaraan Hyundai, khususnya ke arah mobil listrik.

"Kalau melihat kemungkinannya tidak untuk Santro, jadi Hyundai memiliki keunikan. Di mana India memproduksi mobil kecil, Amerika memproduksi sedan dan sedikit SUV, di Korea hampir memproduksi semua model kecuali city car, di Eropa ada lagi," ujar Deputy Marketing Director Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja di Gedung Hyundai, Simprug, Jakarta.



"Jadi setiap negara memiliki keunikan sendiri, karena untuk market domestiknya dan juga ekspor ke negara terdekat," jelas Hendrik.

Menilik situs resmi Hyundai, untuk pasar di Indonesia sendiri, paling murah HMI menawarkan New Grand i10X MT seharga Rp 183 Juta. Hendrik mengatakan apabila Santro masuk ke pasar Indonesia akan berhadapan langsung di segmen mobil LCGC, lebih lanjut kata Hendrik, pasar tersebut sudah sangat kompetitif.

"Ada faktor tarif pajak, bea masuk dan juga BBN, kalau kita hitung Santro itu kira-kira bisa kena di angka Rp 150 jutaan," jelas Hendrik.



"Dan tentu itu akan bersaing di kelas LCGC, di mana sebuah brand besar bermain di situ, buat kami untuk sementara ini tidak masuk dulu, kita lebih mencari segmen atau pangsa pasar yang lebih aman atau lebih sejuk," tutur Hendrik. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed