Selasa, 26 Mar 2019 09:56 WIB

Mobil Listrik Nissan Pinjam Otak Microsoft

Rizki Pratama - detikOto
Mobil listrik Nissan Leaf. Foto: Dikhy Sasra Mobil listrik Nissan Leaf. Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi meminta bantuan Microsoft untuk platform mobil terhubung generasi terbaru. Teknologi ini akan diperkenalkan pada tahun 2019 dalam 2 mobil di 2 region berbeda sebelum dipasarkan lebih luas.

Mobil listrik Nissan Leaf dan generasi kelima Renault Clio akan ditanamkan teknologi buatan Microsoft yang disebut dengan Alliance Inteligent Cloud (AIC). Untuk perkenalannya kedua mobil ini akan langsung mengusung AIC di pasar Eropa dan Jepang.



AIC akan bertanggungjawab terhadap cloud, artificial intelligent, dan berbagai kebutuhan internet lainnya yang disokong oleh platform Microsoft Azure untuk membuat mobil tetap terhubung dengan jaringan internet. Aliansi ini mengklaim fitur ini akan membuat hidup lebih mudah untuk pengemudi dengan memberikan informasi navigasi secara langsung.

Aliansi ini mengakui bahwa AIC juga merupakan peluang besar untuk menghasilkan keuntungan di masa mendatang.



"Aliansi mengambil pendekatan unik untuk mendapatkan peluang bisnis yang disediakan oleh kendaraan terhubung dengan memiliki, mengoperasikan, dan merancang platform cloud cerdasnya sendiri di Azure," ujar juru bicara aliansi tersebut. Mobil yang dilengkapi dengan teknologi ini akan mengirim sejumlah besar data ke Aliansi. Data itu akan disimpan, dikelola, dan dianalisis.

Ikatan Aliansi dengan Microsoft mencerminkan tren yang berkembang di industri otomotif. Perusahaan mobil semakin beralih ke perusahaan teknologi untuk membantu mengembangkan sistem infotainment dan teknologi dalam mobil lainnya. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed