Jumat, 22 Mar 2019 13:53 WIB

Makin Mesra dengan Suzuki, Ertiga akan Berlogo Toyota?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: dok Suzuki
Jakarta - Kolaborasi antara Toyota dan Suzuki bakal semakin mesra. Toyota dan Suzuki akan memperluas kemitraan teknologi mereka dengan berkolaborasi di bidang baru. Itu merupakan hasil dari perjanjian yang baru ditandatangani kedua pihak.

Pada awalnya, Toyota dan Suzuki menandatangani perjanjian pada 6 Februari 2017. Kini, keduanya sedang mencari cara untuk memperdalam kemitraan dan membuatnya lebih efisien.


Dalam siaran pers yang diumumkan menyusul kontrak baru keduanya, Toyota akan memasok teknologi hybrid untuk digunakan secara global oleh Suzuki. Selain itu, Toyota akan memberikan dua kendaraan listrik kepada Suzuki, yakni mobil berbasis RAV4 dan Corolla Wagon di Eropa. Serta Suzuki India akan mendapat manfaat dari teknologi hybrid.

Sebagai imbalannya, Suzuki akan memasok dua mobil berukuran compact untuk Toyota. Dilansir Motor1, Suzuki Ciaz dan Ertiga akan direbadge memakai logo Toyota di India.

Juga, Toyota akan menerima mesin Suzuki untuk mobil compact dan akan memproduksinya di Polandia untuk kemudian dijual di Eropa. Toyota juga akan me-rebadge Baleno, Vitara Brezza, Ciaz, dan Ertiga di Afrika.

Nggak cuma itu, Toyota dan Suzuki akan mengembangkan MPV baru yang dijual dengan logo Toyota dan Suzuki. Hanya, mobil tersebut dijual secara eksklusif di India.

"Melalui perjanjian baru kami, kami menantikan penggunaan teknologi hybrid yang lebih luas, tidak hanya di India dan Eropa tapi di seluruh dunia," kata Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda.

"Pada saat yang sama, kami percaya bahwa perluasan kemitraan bisnis kami dengan Suzuki ― dari saling pasok kendaraan dan powertrain ke domain pengembangan dan produksi ― akan membantu memberi kami keunggulan kompetitif yang kami perlukan untuk bertahan hidup ini sekali dalam periode transformasi mendalam abad ke-20," sambungnya.


Meski berkolaborasi, Toyota dan Suzuki akan tetap bersaing satu sama lain. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com