Kamis, 21 Mar 2019 15:10 WIB

Toyota Tak Naikkan Harga Avanza karena Faktor Ini

Dina Rayanti - detikOto
Avanza 2019. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor Avanza 2019. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Perang di antara Low MPV tidak hanya soal tampilan eksterior dan fitur, harga pun turut dipertimbangkan. Jika salah menempatkan harga bukan tidak mungkin mobil tak laku dijual.

Produsen mobil pun tak asal menentukan harga jual mobilnya. Banyak pertimbangan sebelum menaikkan harga mulai dari ongkos produksi, pajak, hingga nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Toyota misalnya, mengaku menaikkan harga sejumlah modelnya baru-baru ini.


Tapi Avanza dan Hilux tak termasuk di dalamnya. Toyota memilih untuk menahan harga mobil sejuta umat karena sudah kadung menerima pesanan yang membludak sejak wajahnya dipermak.

"Inden lagi tinggi, kita menghindari harga berubah padahal beberapa customer sudah transaksi semenjak launch di Januari," ungkap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto ketika dikonfirmasi detikcom.



Harga Avanza sendiri memang tak mengalami kenaikan padahal Toyota telah menyempurnakannya. Toyota memoles Avanza mulai dari tampilan eksterior menyempurnakan interior namun harganya tidak dinaikkan.

Strategi tak menaikkan harga pernah dilakukan Toyota beberapa kali. Saat dulu meluncurkan Rush berwajah baru November 2017, harga Low SUV tersebut juga dipertahankan.


Toyota sendiri memang saat ini fokus untuk memenuhi permintaan konsumen akanAvanza yang diklaim membludak.

"Kalau Avanza kita hanya fokus ke customer indent seperti dulu kita lakukan di Voxy. Intinya kalo nggak perlu naik harga kendaraan ya nggak perlu kita naikkan kan," pungkas Soerjo.

Ada beberapa tipe yang ditawarkan Toyota pada model Avanza. Avanza dijual mulai harga Rp 191,1 juta hingga yang termahal Rp 221,25 juta. Sementara untuk model Veloz, Toyota membanderol mulai Rp 215,65-239,45 juta.

Infografis Toyota AvanzaInfografis Toyota Avanza Foto: Andhika Akbarayansyah


Video Review Avanza Termahal

[Gambas:Video 20detik]



(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com