Rabu, 20 Mar 2019 10:02 WIB

Gaji Rp 4 Juta Mau Kredit Mobil Bekas, Berapa DP-nya?

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil bekas.  Foto: Luthfi Anshori Mobil bekas. Foto: Luthfi Anshori
Bekasi - Membeli mobil bekas dengan income atau penghasilan Rp 4 juta per bulan ternyata bisa saja dilakukan. Tapi ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, harga mobil harus di bawah angka Rp 100 juta. Dan jenis mobil bekas yang bisa dijumpai di rentang harga tersebut adalah mobil berjenis city car atau LCGC.

Contohnya ada Kia Picanto SE 1.1 MT B keluaran 2011, yang dibanderol Rp 85 juta. Selain itu ada Daihatsu Ayla X 1.0 AT produksi 2014 yang punya harga mencapai Rp 95 juta.



Lantas berapa uang muka minimal yang harus disiapkan? "Dengan pemasukan Rp 4 jutaan per bulan, DP minimum yang ditawarkan adalah Rp 10 juta," ujar Sales Supervisor Mobil88 Bekasi, Sandi Kurnia.

Sebagai simulasi, misal harga Kia Picanto 2011 Rp 79 juta. Artinya, calon konsumen harus bayar uang muka setidaknya Rp 10 juta. Dengan asumsi tenor 4 tahun (48 kali), maka cicilan per bulannya ketemu angka Rp 2,296 juta.



Sementara untuk Daihatsu Ayla 2014 yang punya harga Rp 95 juta, calon konsumen bisa membuat anggaran DP sebesar Rp 10,4 juta. Sementara untuk angsurannya yakni Rp 1,8 juta x 47 kali.

Tapi sebagai catatan, hitung-hitungan tersebut berlaku untuk calon konsumen yang belum berkeluarga, sehingga belum memiliki cukup banyak pengeluaran per bulannya.

"Untuk yang sudah berkeluarga. Maka pastikan sudah memiliki rumah sendiri dan sudah lunas. Selain itu, harus ada pemasukan lain, misalnya dari istri yang bekerja atau usaha sampingan lainnya," pungkas Sandi. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed