Rabu, 06 Mar 2019 17:47 WIB

Konsep Ban Masa Depan Bisa Bikin Mobil Terbang

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool (Motor1) Foto: Pool (Motor1)
Jakarta - Selain menampilkan mobil-mobil futuristik, Geneva Motor Show juga menyajikan teknologi dunia otomotif lainnya seperti ban. Salah satu produsen ban dunia, Goodyear menampilkan bagaimana ban masa depan digunakan.

Perusahaan tersebut mencoba mewujudkan impian para pecinta mobil terbang dengan merancang ban yang bisa digunakan di dua alam; darat dan udara. Singkatnya ban ini menggunakan sistem bimodal untuk menunjang dua fungsi ban sekaligus.



Struktur ban ini tidak memerlukan angin di dalamnya. Struktur ban tipis tanpa udara ini mampu meredam guncangan dan getaran seperti ban biasanya. Ketika mendarat dari udara sebagian ban yang bersentuhan dengan permukaan dapat mengempes secara otomatis untuk meredam guncangan dan membulat kembali saat melaju.

Ban GoodyearBan Goodyear Foto: Pool (Motor1)


Untuk membuat mobil bisa terbang, ban ini dapat berputar secara horizontal setelah berada pada posisi layaknya baling-baling sebuah quadcopter. Jeruji yang tadinya berfungsi sebagai penopang ban beralih fungsi menjadi baling-baling untuk mendorong mobil ke atas melawan gravitasi.



Ide ban ini memang sangat keren jika menjadi kenyataan, namun sayangnya realisasi terhadap rancangan tersebut masih sangat jauh dari teknologi fisika saat ini. Goddyear sedang mengajukan untuk menggunakan propulsi magnetik baik pada saat di darat maupun di udara. System propulsi tersebut akan menciptakan sebuah ban yang bebas friksi.

Ban ini juga dilengkapi kecerdasan buatan yang memungkinkannya mengenal kondisi jalanan dan menyampaikan data dan informasinya langsung pada kendaraan. Untuk teknologi tersebut sebenarnya sudah mulai dikembangkan namun masih pada tahap paling awal.

[Gambas:Youtube]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed