Penjualan Honda Mobilio Memble, Ini Kata Honda

Ruly Kurniawan - detikOto
Kamis, 28 Feb 2019 19:59 WIB
Honda Mobilio 2019 Foto: Honda
Jakarta - Honda Mobilio nampaknya makin tersalip sebagai salah satu mobil keluarga terlaris sejak bertambahnya kompetitor. Berdasarkan data penjualan mobil dari pabrik ke diler (wholesales) yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mobilio hanya ungguli Wuling Confero dengan selisih 12.499 unit/tahun (mobilio 23.561 unit di 2018).

Padahal, tahun sebelumnya yakni 2017 dan 2016, Mobilio mampu terjual masing-masing hingga 35.430 unit dan 39.482 unit. Menanggapi hal itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia masih santai saja.



Kepada beberapa wartawan, Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy menyatakan bahwa perolehan tersebut masih batas wajar. Dikarenakan Mobilio juga masih satu platform dengan BR-V dan Brio, bila ada salah satu yang turun penjualannya masih baik-baik saja bila lainnya mengalami peningkatan.

"Ini kan satu keluarga (platform Mobilio, BR-V, dan Brio). Kalau salah satu produk itu turun, dikompensasi satu lagi jadi masih oke, lah. 10.000 unit satu bulan masih baik untuk satu platform itu," ujarnya di Ancol, Jakarta, kemarin, Rabu (27/2/2019).



"Sekarang kan memang jadi tren multiplatform sebab lebih efisien. Karena kalau satu saja itu bahaya. Konsumen juga bisa enjoy karena parts bisa murah, berdampak juga pada servis," lanjut Jonfis.

Pada kesempatan sama, ia juga melihat penurunan penjualan Mobilio karena makin banyak produk baru wajar-wajar saja. "Karena kan sekarang kita bukan leader untuk konsumen trend seeker lagi, itu sudah empat tahun lalu. Nanti mungkin beberapa tahun ke depan yang baru-baru saat ini juga akan mengalami hal sama," kata Jonfis.



Yang dilakukan oleh pihak Honda sendiri, lanjut dia, adalah menyiapkan layanan purna jual kepada pecintanya sehingga tak ada yang merasa ditinggal.

"Saya rasa konsumen Honda sudah mengerti apa yang kita berikan selain memberi penyegaran. Untuk target Mobilio sendiri, kita upayakan tetap dari tahun lalu yaitu 20.000 unit satu tahun," pungkasnya. (ruk/lth)