Selasa, 19 Feb 2019 12:10 WIB

Eks Bos Renault Nikahi Istri Kedua Pakai Uang Perusahaan

Rizki Pratama - detikOto
Carlos Ghosn. Foto: Reuters/Regis Duvignau/File Photo Carlos Ghosn. Foto: Reuters/Regis Duvignau/File Photo
Jakarta - Renault telah menemukan bukti bahwa pihaknya membayar biaya pernikahan kedua Carlos Ghosn dan sedang bersiap untuk menyerahkan penyelidikan kepada jaksa penuntut. Penyelidikan internal tersebut menemukan bahwa kesepakatan sponsor pada 2016 dengan Chateau de Versailles termasuk USD 57,000 atau Rp 796 juta digunakan untuk kepentingan pribadi Ghosn.

Renault memulai pemeriksaan pembayarannya sendiri kepada Ghosn dalam beberapa hari setelah penahanannya, yang sebelumnya tidak menemukan kesalahan.

"Ruang acara di Versailles tersedia baginya tanpa biaya, dan Mr Ghosn tidak menyadari bahwa penggunaan ruang akan dibebankan kepada Renault. Carlos Ghosn membayar semua biaya pernikahannya," kata pengacara Ghosn yang berbasis di Prancis, Jean-Yves Leborgne dalam sebuah pernyataan melalui e-mail seperti dikutip Reuters belum lama ini.



"Ghosn diberi tunjangan pribadi senilai USD 57.000 berdasarkan ketentuan kontrak sponsor dengan Chateau de Versailles. Renault telah memutuskan untuk membawa temuan ini menjadi perhatian otoritas kehakiman," kata Renault dalam sebuah publikasi.

Kantor pengacara Ghosn di Jepang, Motonari Otsuru tidak segera menanggapi komentar terkait temuan baru tersebut. Ghosn tetap ditahan di Tokyo dengan kesempatan terbatas untuk menanggapi secara terbuka tuduhan terhadap dirinya.



Sebelum pernikahan Ghosn dengan istri keduanya Carole, Renault telah sepakat mensponsori 2,3 juta euro dari renovasi Versailles dengan imbalan kredit yang memberikan layanan pembuat mobil dari Chateau senilai 25 persen dari jumlah itu.

Biaya sewa tempat pernikahan dikurangkan dari kredit Renault untuk penggunaan Grand Trianon di Versailles. Pernikahan yang diselenggarakan pada 8 Oktober 2016 diadakan di istana abad ke-17. Acara ini telah menarik perhatian publik karena kemewahan dan kostum bertema Marie Antoinette.

Eks Bos Renault Nikahi Istri Kedua Pakai Uang Perusahaan
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com