Senin, 18 Feb 2019 14:51 WIB

Knalpot Mobil Kemasukan Air Saat Lewati Genangan, Amankah?

Luthfi Anshori - detikOto
Jalan tergenang. Foto: Dok. Twitter Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Jalan tergenang. Foto: Dok. Twitter Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta
Jakarta - Turunnya hujan kadang membuat timbulnya genangan air di beberapa titik jalan. Mau tidak mau, genangan air tersebut harus tetap dilintasi secara hati-hati.

Selain efek water hammer yang menyerang jeroan mesin, pengemudi mobil juga harus waspada dengan air yang masuk ke lubang knalpot. Air bisa saja masuk ke knalpot yang biasanya letaknya rendah.

Seperti dijelaskan Senior Manager Service Division PT HPM (Honda Prospect Motor) Muhammad Zuhdi, pengemudi harus hati-hati dengan potensi air masuk ke lubang knalpot.



Karena meski tidak berefek sampai merusak mesin, knalpot mobil yang kemasukan air bisa mendadak mati.

"Knalpot mobil, jika sudah kemasukan air secara penuh, dia tidak bisa keluar lagi. Otomatis mesin akan mati. Kenapa? karena mesin tidak kuat menendang gas buang keluar karena terhalang air," ujar Zuhdi kepada wartawan di Area Training Service HPM, Sunter, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Namun selama air hanya mampir masuk ke knalpot saja atau tidak merendam secara penuh, dikatakan Zuhdi, akan aman-aman saja.

"Makanya kadang ada pengemudi mobil yang mempertahankan kecepatan secara konstan saat lewati banjir, tujuannya supaya air tidak masuk ke knalpot. Karena kalau sedikit saja gas turun, tekanan air lebih besar dari tekanan gas buang. Jika gas buang nggak keluar, mesin akan mati," pungkas Zuhdi.



Honda Skill Contest

Sementara itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menggelar ajang 'Honda Skill Contest 2019' untuk ke-15 kalinya pada 17 Februari 2019 di fasilitas Training Center HPM, Jakarta.

Kontes ini digelar dengan berbagai kategori yang meliputi seluruh lini pelayanan terhadap konsumen, termasuk Wiraniaga, Teknisi Servis, Spare Parts, hingga Customer Care Offlcer.

Di tahun ini, sebanyak 80 finalis terpilih mengikuti babak final Honda Skill Contest 2019. Sebelumnya, para peserta sudah melalui tahap seleksi yang diikuti 1.100 peserta di lima wilayah main dealer Honda yang membawahi seluruh dealer resmi Honda di Indonesia.

Para finalis yang lolos terdiri dari 10 orang Wiraniaga, 10 orang Service Advisor dan 40 orang teknisi servis yang terdiri dari Teknisi Repair dan Teknisi Pair Maintenance. Selain itu, sebanyak 10 orang dari Spare Parts dan 10 orang dari Customer Care Officer.



Kesepuluh wiraniaga yang menjadi finalis berasal dari 9 dealer, yaitu 2 orang dari Honda Surabaya Center, Honda Mangga Dua, Honda Megatama, Honda Pondok Pinang, Honda Sunter, Honda Bandung Center, Honda Gajah Mada, Honda Cikarang dan Honda Arista Sudirman.

Para wiraniaga ini akan diuji mengenai pengetahuan produk dan kemampuan melayani pelanggan melalui ujian tertulis dan simulasi peran.

Sementara itu, di kategori Teknisi Servis, sebanyak 50 yang berasal dari 30 dealer lolos ke tahap final. Teknisi tersebut berasal dari Honda Jakarta Center, Honda Bintaro, Honda Fatmawati, Honda Permata Hijau, Honda Trimegah BSD, Honda Permata Serpong, Honda Prima Harapan Indah, Honda Bandung Center, Honda Kumala Karawang, Honda Abadi Cibiru, Honda Semarang Center, Honda Anugerah, Honda Istana Cendrawasih, Honda Solo Baru, Honda Tegal Raya, Honda Surabaya Center, Honda Mandalasena. Honda Surya Agung. Honda Jemursari, Honda Istana Jember, Honda Cikarang. Honda Trio Motor, Honda Arista Sudinnan, Honda Arista Rajabasa, Honda SM Amin, dan Honda Arista Ringroad. Para kontestan di kategori Teknisi Servis akan berlomba di sub-kategori Service Advisor, Teknisi Repair, dan Teknisi Pair Maintenance.

Sedangkan sepuluh finalis dari Spare Parts berasal dari 10 dealer Honda yang terdiri dari Honda Trimegah BSD, Honda Prima Harapan Indah, Honda lmora Sentul, Honda Bandung Center, Honda Tegal Raya, Honda Mandalatama BSB, Honda Mandalasena, Honda Istana Jember, Honda Daya Motor, dan Honda Trio Motor. Dalam kontes untuk bagian Spare Parts, para Partman juga berlomba menjadi yang terbaik dalam penguasaan dan pengetahuan Spare Parts.

Untuk kontes Customer Care Officer, 10 peserta berasal dari 10 dealer Honda yang terdiri dari Honda Bintaro, Honda Megatama Kapuk, Honda Prima Harapan Indah, Honda Sonic, Honda Anugerah Sejahtera, Honda Mandalatama BSB, Honda Dewata Motor, Honda Royal Wiyung, Honda SM Raja, dan Honda Arista Ringroad. Dalam kontes tersebut, para Customer Care Officer akan berlomba dalam hal cara melayani pelanggan dengan baik, baik untuk pelanggan yang ingin menanyakan informasi tentang produk maupun cara penanganan keluhan dari pelanggan Honda.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, "Selain melakukan ekspansi dealer dan penyegaran di produk-produk Honda, kami juga terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi ketatnya persaingan di industri otomotif. Melalui ajang ini, kami berharap dapat melahirkan lebih banyak SDM yang kompeten di seluruh aspek layanan 3S demi kepuasan konsumen yang total di seluruh dealer Honda".

Knalpot Mobil Kemasukan Air Saat Lewati Genangan, Amankah?
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed