Kamis, 14 Feb 2019 19:03 WIB

Ratusan Mobil Bekas KTT APEC di Papua Nugini Raib

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Maserati yang digunakan di KTT APEC Papua Nugini belum dikembalikan ke negara Foto: ABC Australia Mobil Maserati yang digunakan di KTT APEC Papua Nugini belum dikembalikan ke negara Foto: ABC Australia
Port Moresby - Beberapa waktu lalu Papua Nugini mendatangkan mobil-mobil mewah untuk delegasi KTT Asia-Pacific Economic Cooperation) yang digelar November 2018. Ratusan unit mobil digunakan di acara itu.

Namun, diberitakan BBC, polisi Papua Nugini sedang mencari hampir 300 mobil yang dipinjamkan kepada pejabat selama KTT APEC tahun lalu. Armada mobil mewah diimpor sehingga para pemimpin dari berbagai negara yang berkunjung ke Papua Nugini bisa merasa nyaman menggunakan mobil mewah.



Seorang komandan polisi mengatakan, 284 unit mobil bekas KTT APEC di Papua Nugini hilang. Menurut Inspektur Dennis Corcoran, mobil-mobil itu termasuk Land Cruiser, Ford, Mazda, dan Pajero.

"Ada 284 kendaraan yang dikeluarkan untuk digunakan personel selama APEC yang belum dikembalikan," kata Dennis Corcoran, kepada kantor berita Reuters.



Satu unit polisi khusus telah dibentuk untuk mencari ratusan mobil bekas KTT APEC itu di ibukota Papua Nugini, Port Moresby. Untungnya, mobil paling mahal dan mewah yang dipakai di KTT APEC, Maserati Quattroporte sudah ditemukan.

"Ke-40 Maserati dan tiga Bentley dalam kondisi prima dan terkunci di dermaga," katanya.

Menurut polisi, sembilan mobil yang hilang telah dicuri dan beberapa di antaranya dicuri partnya. Yang lainnya dikembalikan dalam kondisi rusak parah. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com