Selasa, 29 Jan 2019 10:28 WIB

Ih, Setir Mobil Lebih Kotor daripada WC Duduk

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi setir mobil Audi. Foto: Audi
Jakarta - Sebuah situs penyewaan mobil, CarRentals.com melakukan survei terhadap seribu pengemudi di Amerika Serikat tentang seberapa sering membersihkan interior mobil mereka. Hasilnya 32 persen atau 320 orang dari sample survei menunjukkan mereka jarang membersihkannya, berdasarkan pengakuan mereka hanya membersihkan interior mobil setahun sekali.

Layanan penyewaan mobil lainnya, Expedia Group membocorkan angka menarik sehubungan dengan seberapa bersih interior mobil. Angka kebersihan tersebut berkorelasi dengan pentingnya membersihkan interior mobil untuk kesehatan dan keselamatan.



Menurut informasi dari National Centre for Biotechnology, interior mobil adalah salah satu tempat paling kotor di Bumi. Informasi dari sana juga mengatakan interior mobil bahkan bisa lebih kotor daripada WC duduk, khususunya roda kemudi yang empat kali lebih kotor.

Studi ini mengukur kekotoran bagian interior mobil melalui jumlah rata-rata bakteri per sentimeter persegi, atau colony-forming units (CFU). Pada setir mobil bisa ditemukan memiliki 629 CFU. Sebagai pembanding untuk layar ponsel ditemukan rata-rata 100 CFU, sedangkan tombol lift publik 313 CFU, sedangkan toilet umum 172 CFU.



Bakteri yang ditemukan dalam mobil juga lebih buruk lagi. Menurut penelitian, mereka menemukan bakteri Staphylococcus yang merupakan penyebab banyak penyakit seperti keracunan makanan, infeksi kulit, dan MRSA. Bakteri lainnya yang ditemukan adalah Propionibacterium yang dapat menyebabkan peradangan dan infeksi. Secara umum dua bakteri inilah yang ditemukan namun jika ditotal semuanya ada sekitar 700 jenis bakteri yang hidup di sana.

Penyebab besar berkembangnya bakteri di mobil adalah makanan. Ini dipicu oleh gaya hidup yang sering bepergian dan menyempatkan makan di dalam mobil. Otolovers masih males bersihin mobil? (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com