Kamis, 10 Jan 2019 17:54 WIB

Toyota Recall 1,7 Juta Kendaraan

Ridwan Arifin - detikOto
Airbag Takata di mobil Toyota (Foto: M Luthfi Andika) Airbag Takata di mobil Toyota (Foto: M Luthfi Andika)
Washington - Toyota menarik kembali jutaan mobilnya karena masalah airbag. Toyota harus menarik lagi sekitar 1,7 juta kendaraan. Recall ini merupakan bagian dari recall gara-gara airbag Takata yang sudah dilakukan sejak 2016.

Menurut laporan Reuters, kendaraan yang ditarik merupakan kendaraan buatan tahun 2010 hingga 2015, dan termasuk 1,3 juta kendaraan di Amerika Serikat.

Lebih dari 290 cedera di seluruh dunia telah dikaitkan dengan inflator Takata yang bisa meledak. Bukannya melindungi penumpang dan pengendara, airbag itu malah menyemprotkan pecahan logam di dalam mobil dan truk. Secara total, 19 produsen mobil menarik lebih dari 100 juta inflator yang berpotensi rusak di seluruh dunia.



Reuters menambahkan sekitar 10 juta inflator kendaraan di Amerika Serikat ke dalam kampanye penarikan yang terbesar yang pernah ada dalam sejarah.

Pekan lalu, Ford Motor Co mengatakan telah menarik 953.000 kendaraan di seluruh dunia untuk inflator Takata. Sebelumnya, 37 juta kendaraan AS dengan 50 juta inflator ditarik kembali dan 16,7 juta inflator masih harus diganti.

Setidaknya 23 kematian di seluruh dunia telah dikaitkan dengan pecahnya inflator kantung udara Takata yang rusak, termasuk 15 di Amerika Serikat.

Beberapa model Lexus dan Scion ditarik bersama dengan kendaraan termasuk Toyota 4Runner (model tahun 2010 hingga 2016), Corolla dan Matrix (model tahun 2010 hingga 2013), dan Sienna (model tahun 2011 hingga 2014).

Hingga saat ini, 21 kematian telah dilaporkan di kendaraan Honda Motor Co dan dua di kendaraan Ford. Kedua pembuat mobil telah mendesak beberapa pengemudi kendaraan yang lebih tua untuk tidak mengemudikannya sampai inflator diganti.

Kerusakan itu membuat Takata mengajukan perlindungan kebangkrutan pada Juni 2017. Pada bulan April, pembuat komponen otomatis Key Safety Systems menyelesaikan kesepakatan USD 1,6 miliar untuk mengakuisisi Takata. Perusahaan yang dikenal sebagai Joyson Safety Systems, anak perusahaan dari Ningbo Joyson Electronic Corp.

Di Indonesia sendiri sebanyak 24.662 unit terindikasi masalah yang sama yakni Alphard, Corolla, New Fortuner, New Kijang Innova, dan New Hilux, dengan tahun produksi dari 7 Mei 2015 hingga 29 Januari 2016.

Penggantian komponen airbag ini gratis atau bebas biaya sama sekali, karena program ini adalah bagian komitmen Toyota dalam memberikan Beyond Service dan wujud tanggung jawab untuk menjamin keselamatan pelanggan. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed