Senin, 31 Des 2018 14:53 WIB

Emak Pasti Suka! Mobil Robot Antar Belanjaan Cuma Rp 80 Ribuan

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Nuro Foto: Nuro
Jakarta - [Gambas:Youtube]


Emak-emak pasti suka dengan mobil otonom alias mobil robot. Mobil robot bisa mengantarkan belanjaan dari pusat perbelanjaan sampai ke depan rumah hanya Rp 86 ribu saja!

Ini bukan dongeng karena sudah terjadi di Arizona, Amerika Serikat. Perusahaan mobil otonom rintisan, Nuro bekerja sama dengan peritel Kroger untuk mengantarkan bahan makanan kepada pelanggan dalam prototipe berbasis Toyota Prius yang dilengkapi dengan teknologi otonom. Saat ini Nuro telah mulai membuat kendaraan otonom seperti pod yang dibuat khusus untuk program percontohan yang sedang diuji di Arizona.



Dinamakan R1, pod Ini sepenuhnya otonom, tanpa setir, pedal, atau bahkan kompartemen penumpang. Meskipun demikian pod pengantar belanjaan ini tetap dipantau oleh operator yang dapat mengambil alih kendali dari jarak jauh setiap saat. Pod hanya beroperasi pada kecepatan rendah dan di area geografis yang relatif kecil. Perusahaan belum mengungkapkan berapa banyak R1 yang dilepaskannya sejauh ini.

Emak Pasti Suka! Mobil Robot Antar Belanjaan Cuma Rp 80 RibuanFoto: Nuro


Tidak semua orang bisa mendapatkan kiriman belanja bahan makanan menggunakan pod. Pengiriman hanya tersedia untuk pelanggan yang berbelanja di supermarket Fry yang berlokasi di 7770 East McDowell Road di Scottsdale, Arizona, dan tinggal di kode pos 85257.



Setelah melakukan pemesanan, pembeli dapat memilih pengiriman hari yang sama atau hari berikutnya dengan pod otonom melalui aplikasi smartphone atau di situs web toko. Layanan ini akan mengeluarkan biaya jasa sebesar USD 5,95 atau setara Rp 86 ribu dengan nilai tukar saat ini.

Pengguna dapat melacak pod di peta, dan akan menerima pesan teks ketika pesanan sudah sampai di depan rumah. Anda perlu memasukkan kode ke layar yang terletak di samping kendaraan untuk membuka kompartemen dan mengambil bahan makanan. Ketika palka ditutup, pod berlanjut secara otonom ke tujuan berikutnya.
Nuro R1Nuro R1 Foto: Nuro


Sejauh ini Nuro telah melakukan 1.000 pengiriman dengan prototipe berbasis Prius, dan jumlah itu akan tumbuh dengan cepat sekarang karena R1 telah ikut serta dalam barisan armada layanan antar bahan makanan ini.

[Gambas:Youtube] (rip/ddn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed