Jumat, 28 Des 2018 12:45 WIB

Mobil Asal Rusia dan China Jadi Masuk RI Tahun 2019?

Rizki Pratama - detikOto
Skoda. Foto: Newspress/Skoda Skoda. Foto: Newspress/Skoda
Jakarta - Tahun ini ada banyak rumor masuknya wajah baru dalam pasar mobil di Indonesia seperti, Skoda dari Ceko, Lada dari Rusia, dan Geely dari China. Namun hingga saat ini belum ada kepastian mengenai kehadiran mereka di pasar dalam negeri.

Beberapa dari pecinta otomotif mungkin sudah ada yang menantikan dan berharap kedatangan merk baru tersebut. namun sayang sekali hingga saat ini pihak Gaikindo belum memberikan konfirmasi mengenai 'invasi' mereka ke tanah air pada tahun mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Ketua 1 Gaikindo, Jongkie D. Sugiharto saat dihubungi detikOto (27/12/2018).


"Sampai saat ini kita tidak tahu apa-apa tentang mereka, yang jelas kita menyambut semua produsen mobil yang ingin memasarkan produknya di Indonesia."

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi beberapa waktu lalu mengungkapkan beberapa tahun ke depan akan ada kemungkinan merek otomotif baru akan masuk ke Indonesia. Beberapa diantaranya adalah dari China dan Rusia.

"Setahu saya, untuk tahun ini belum ada (produsen otomottif baru) ah yang masuk. Tahun depan masih ada potensi, ada komunikasinya (yang sudah dijalankan). Data-datanya saya tidak pegang, tapi ada indikasi bahwa brand China dan Rusia mencoba masuk," ungkap Nangoi di ICE BSD, Tangerang beberapa waktu lalu.


Pernyataan ini juga ditegaskan oleh Jongkie saat dihubungi detikoto baru-baru ini ketika ditanya mengenai kehadiran Skoda, Lada, dan Geely di tahun 2019 mendatang.

"Sampai saat ini kita belum ada kontak dengan mereka setahu saya, jadi saya tidak tahu apakah mereka akan masuk ke Indonesia atau tidak," tutupnya. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com