Kamis, 27 Des 2018 17:17 WIB

Daftar Mobil 'Murah' dari yang Terlaris Hingga Minim Pembeli

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Mobil yang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC) bisa juga dibilang sebagai mobil murah. Harga jual mobil LCGC pun dibatasi karena mengacu pada aturan yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian.

Produsen yang ingin membuat mobil LCGC pun harus mengikuti syarat tertentu. Misalnya mobil harus diproduksi di Indonesia juga banyak menggunakan komponen lokal. Ada beberapa produsen yang berkecimpung meracik mobil LCGC seperti Toyota, Suzuki, Daihatsu, Honda, hingga Datsun.


Di awal kemunculannya, mobil LCGC hanya ada satu pilihan model yakni semuanya rata-rata mengusung lima kursi seperti Ayla, Agya, Karimun Wagon R, Datsun Go dan Go+, juga Brio. Pilihan akan mobil LCGC bertambah sejak tahun 2016 Toyota dan Daihatsu meluncurkan si kembar Calya-Sigra.

Nah Otolovers, penasaran nggak sih di antara ketujuh mobil 'murah' yang ditawarkan di Indonesia model apa yang terlaris? Ini dia deretan mobil LCGC dari yang paling laris hingga sepi peminat mengacu pada data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia

Tempat pertama diduduki oleh Toyota Calya. Mobil berkapasitas tujuh penumpang masih menjadi incaran orang Indonesia. Tak heran biar berlabel LCGC, Calya laris manis. Tercatat selama Januari hingga September 2018, Calya terkirim sebanyak 59.244 unit dari pabrik Toyota ke diler-diler di seluruh Indonesia.

Terbukti nih Otolovers, mobil tujuh penumpang memang tak bisa lepas dari orang Indonesia. Di tempat kedua Sigra menjadi mobil murah terlaris. Sama seperti kembarannya, biar mungil Sigra mampu menampung tujuh orang di dalamnya. Total selama 11 bulan tahun 2018 46.222 unit Sigra terkirim ke diler.


Honda Brio Satya menjadi mobil murah terlaris ketiga. Tak cuma itu, Brio Satya juga menjadi LCGC lima penumpang yang paling laris se-Indonesia. Ditambah lagi memiliki wajah baru, penjualan Brio Satya pun masih moncer. Sebanyak 42.638 unit Brio Satya dikirim dari pabrik Honda menuju diler-diler.

Berikut daftar lengkap mobil murah dari yang terlaris hingga kurang dilirik orang RI:
1. Toyota Calya: 59.244 unit
2. Daihatsu Sigra: 46.222 unit
3. Honda Brio Satya: 42.638 unit
4. Toyota Agya: 26.936 unit
5. Daihatsu Ayla: 24.967 unit
6. Datsun Go dan Go+: 7.852 unit
7. Suzuki Karimun Wagon R: 4.236 unit (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed