Rabu, 26 Des 2018 18:32 WIB

Kaleidoskop 2018

Mobil Mewah Penghias Jalanan Indonesia Tahun 2018

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lamborghini Urus. Foto: Rifkianto Nugroho Lamborghini Urus. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Tahun 2018 juga diramaikan oleh kehadiran mobil-mobil mewah. Jika kaleidoskop 2018 sebelumnya detikOto sudah membahas soal mobil-mobil non-premium, kali ini detikOto akan mengulas mobil mewah yang diluncurkan sepanjang 2018.

Mulai dari Lexus, BMW, Mercy, hingga mobil-mobil yang dibuat terbatas hadir di Indonesia. Apa saja mereka? Ini ulasannya.

1. Februari, Lexus LS 500

Lexus LS 500Lexus LS 500 Foto: Rengga Sancaya


Bulan Februari, Lexus meluncurkan LS 500. Sisi eksklusif sedan Lexus LS 500 merujuk pada performa mobil kelas dunia dalam hal keamanan dan ramah lingkungan. Lexus Indonesia menghadirkan dua tipe LS, yaitu LS 500 dan LS 500h (hybrid) yang keduanya merupakan tipe teratas.

Sedan mewah ini juga dilengkapi kehadirannya dengan 20 inch resonator wheels terbaru dan legroom terluas di kelasnya. Juga dilengkapi oleh Motorized Rear Seat Entertainment System, 24 buah speaker Mark Levinson dengan 3D showering effect, Rear Seat Control Monitor, dan Quilted Seat with Semi Aniline Upholstery merupakan yang pertama disajikan dalam jajaran kendaraan produksi Lexus. Sementara itu, fitur Smart Air Suspension, 24.4 inci multi-colored Head Up Display, dan All Seats Massage with Heat Function merupakan penampilan yang pertama di dunia.

2. Maret: Odyssey, Alphard, Vellfire

Membuka bulan Maret 2018, Honda meluncurkan versi penyegaran dari Odyssey pada 1 Maret 2018. Mobil mengalami sedikit perubahan di bagian eksterior dan interior.

Honda OdysseyHonda Odyssey Foto: Rifkianto Nugroho


Desain eksterior mobil menjadi lebih stylsih dengan penyegaran pada bemper depan dan belakang, sementara di dalam kabin menjadi semakin nyaman melalui berbagai fiturnya.

Di bulan ini Toyota juga mengumumkan telah memberi penyegaran terhadap MPV mewahnya, Alphard dan Vellfire. New Alphard didesain sebagai kendaraan luxury MPV dengan nuansa lebih dynamic formal, sedangkan New Vellfire menampilkan nuansa cool, modern, dan hightech. Melalui penyempurnaan desain, baik eksterior, interior New Alphard kini tampil semakin mewah dan menawan, sementara New Vellfire kian menampilkan gaya khasnya yang lebih berani.

Toyota AlphardToyota Alphard Foto: Istimewa/Toyota-Astra Motor


Desainer Toyota telah melakukan sejumlah perubahan untuk lebih menyempurnakan penampilan, kenyamanan, dan fitur keselamatan pada Alphard dan Vellfire. Dengan disain baru, tampilannya kini terlihat semakin mewah. Perubahan pada headlamp, hood moulding, bumper, grille serta foglamp bezel menjadikan New Alphard dan New Vellfire kian menarik perhatian.

Toyota VellfireToyota Vellfire Foto: Istimewa/Toyota-Astra Motor


Tampilan belakang, desain baru pada rear lamp dan door garnish semakin menonjolkan mobil ini sebagai kendaraan kelas atas. Dilengkapi desain baru pada alloy wheel dengan ukuran 18" menjadikan New Alphard dan New Vellfire kendaraan yang merepresentasikan penggunanya dari kelas atas.

3. April: BMW X3, Mercedes-Benz EQ

Selanjutnya pada April 2018, ada SUV baru dari BMW, X3. BMW X3 terbaru resmi hadir di Indonesia. Mobil ini disebut punya kemampuan untuk melibas segala medan baik off-road maupun on-road dengan teknologi yang ditawarkannya. Generasi ketiga BMW X3 hadir dengan desain lebih tegas, kenyamanan dan mesin efisiensi tinggi. Mobil ini diproduksi di BMW Production Network 2 bersama mitra strategis BMW Indonesia, PT. Gaya Motor di Sunter.

BMW X3BMW X3 Foto: Ruly Kurniawan


Pada 19 April 2018, mobil mewah ikut meluncur di lantai Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Di antaranya adalah Lamborghini Spyder Aventador serta Mercedes EQ.

LamborghiniLamborghini Foto: Rengga Sancaya



Mobil listrik Mercedes EQMobil listrik Mercedes EQ Foto: Rengga Sancaya

4. Juli: Lamborghini Huracan Avio

Kemudian pada 24 Juli 2018, BMW Indonesia resmi meluncurkan dua kendaraan, BMW Seri 6 Gran Turismo yang baru pertama untuk Indonesia, dan All-new BMW Seri 5 Touring. BMW Seri 6 Gran Turismo ditawarkan dengan harga Rp 1.569.000.000 off the road. Sedangkan All-new BMW Seri 5 Touring ditawarkan dengan harga Rp 1.429.000.000 off the road.

BMW Seri 6 Gran TurismoBMW Seri 6 Gran Turismo Foto: Ari Saputra


Sehari kemudian, importir mobil-mobil mewah Prestige Image Motorcars memboyong mobil mewah ke Indonesia. Prestige meluncurkan Lamborghini Huracan Spyder untuk pasar Indonesia. Prestige juga mendatangkan Lamborghini Huracan Avio yang hanya ada 250 unit di dunia.

Lamborghini Huracan SpyderLamborghini Huracan Spyder Foto: Dina Rayanti


5. Agustus: Lexus, Audi, MINI

Di lantai GIIAS 2018 juga dihadirkan Lexus ES, Lexus UX, Audi A8 L, Audi RS5 Coupe, MINI 3 Door, MINI 5 Door, dan MINI John Cooper Works 3 Door terbaru.

Mobil Mewah Penghias Jalanan Indonesia Tahun 2018Foto: Dadan Kuswaraharja


MINIMINI Foto: Ari Saputra


6. September: MINI Countryman CKD, Aston Martin Vantage

BMW Group Indonesia mulai merakit New MINI Countryman secara lokal di BMW Group Production Network 2 oleh PT Gaya Motor. Artinya MINI made in Indonesia resmi lahir di tanah air. New MINI Countryman yang dirakit di Indonesia hadir dalam dua varian, New MINI Cooper Countryman dan New Mini Cooper S Countryman Sports. Sebagai catatan New MINI Countryman merupakan kendaraan segmen kompak premium satu-satunya yang dirakit secara lokal di Indonesia saat ini.

MINI CountrymanMINI Countryman Foto: Rachman Haryanto


Pada 21 September, produsen mobil sport Inggris, Aston Martin mendaratkan generasi penerus dari model Vantage di jalanan Jakarta. Aston Martin New Vantage dibekali mesin twin turbo V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 530 hp dengan torsi maksimal sebesar 685 Nm. Dipadu dengan tiga mode berkendara, yakni Sport, Sport Plus, dan Track. Mobil ini dibanderol Rp 5 milaran.

Aston Martin VantageAston Martin Vantage Foto: Ari Saputra


Importir Umum (IU) Prestige Image Motorcars kembali memboyong mobil mewah untuk dipasarkan di Indonesia. IU yang bermarkas di Pluit, Jakarta Utara ini memperkenalkan mobil dari pabrikan kuda jingrak generasi penerus Ferrari California, yakni Ferrari Portofino di Finn VIP Club, Kuta, Bali.

9. Oktober: Mercedes-Benz

Pada 5 Oktober 2018, Mercedes-Benz menyerbu pasar otomotif Indonesia dengan tiga mobil baru. Ketiga mobil itu adalah Mercedes-Benz A-Class, CLS dan V 260.

Mobil Mewah Penghias Jalanan Indonesia Tahun 2018Foto: Rengga Sancaya


Ketiga model terbaru tersebut adalah A-Class yang kompak, CLS coupé dengan empat pintu serta V 260 large-size MPV dipamerkan bersama 11 kendaraan Mercedes-Benz lain di Star Arena.

Mercy A-ClassMercy A-Class Foto: Rengga Sancaya




10. November: BMW M2 Competition, Mercedes-Benz G63 AMG

BMW menambah varian M2 di Indonesia. BMW Indonesia kembali mendaratkan mobil sedan sport bertenaga paling agresif dari model BMW M. Bertempat di Eurokars Gallery, Plaza Indonesia lantai 1, All New BMW M2 Competition secara resmi mendarat di Indonesia, Sabtu (24/11/2018).

BMW M2 CompetitionBMW M2 Competition Foto: Agung Pambudhy


All New BMW M2 Competition lahir dengan fitur-fitur anyar yang diklaim kompetitif di lintasan balap namun tetap asyik dipakai pengguna harian. Mobil ini makin asyik buat ngedrift. Apalagi tersedia transmisi manual.

Mercedes-AMG G 63Mercedes-AMG G 63 Foto: Rizki Pratama


Selanjutnya pada 26 November, Prestige Image Motorcars belum berhenti meluncurkan mobil mewah. Giliran Mercedes-Benz G63 AMG yang diboyong Prestige ke Indonesia. Mobil SUV mewah seharga sekitar Rp 7 miliar, Mercedes-AMG G 63 datang ke Indonesia.

Untuk Edition 1 yang berarti masuk dalam dapur produksi G-Class pertama tahun 2018, Prestige hanya mendapatkan jatah dua unit dan sudah laku.

11. Desember: Lamborghini Urus

Menutup 2018, Lamborghini meluncurkan SUV pertamanya, Urus untuk Indonesia. SUV banteng Italia ini resmi mendarat di markas baru, Pacific Place, Ground Flr, G73 - G74, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018). Bicara soal spesifikasi, Lamborghini Urus dipersenjatai mesin 4.0 liter twin-turbo V8, dipadu dengan transmisi otomatis delapan percepatan otomatis. Mampu menyemburkan tenaga 650 hp.

Lamborghini UrusLamborghini Urus Foto: Rifkianto Nugroho


Banteng anyar dari Italia ini berjantung khas Lamborghini ini diklaim menjadi mobil tangguh namun tercepat di kelasnya. Di atas kertas sanggup berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 3,6 detik dengan kecepatan maksimum 305 km per jam.

Seperti biasa, Lamborghini memberikan nama banteng untuk setiap mobilnya. Urus adalah nama sebuah banteng Spanyol yang sudah dikembangbiakkan selama 500 tahun.

Lamborghini di Eropa mulai menjual mobil seharga 171.429 euro atau Rp 2,7 miliar. Di kawasan Asia seperti Jepang mobil dijual seharga Rp 3 miliar. Untuk di Indonesia sendiri diperkirakan harga jualnya Rp 8,5 miliar (off the road). (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed