Selasa, 11 Des 2018 17:15 WIB

Crash Test Honda CR-V dan DFSK Glory 580, Mana yang Terkuat?

Dina Rayanti - detikOto
Honda CR-V Crash test. Foto: ASEAN NCAP Honda CR-V Crash test. Foto: ASEAN NCAP
Jakarta - Mobil-mobil dari Negeri Tirai Bambu China sering dipandang sebelah mata. Terlebih dibanding-bandingkan dengan mobil Jepang yang selama ini sering disebut kuat.

Salah satu pembuktiannya bisa dilakukan dengan crash test alias uji tabrak. Misalnya DFSK Glory 580 yang ingin menepis tudingan kalau mobilnya ringkih dengan hasil bintang lima pada uji tabrak.


Dalam sebuah video, Glory 580 pernah diuji tabrak pada China NCAP. Namun tidak ditampilkan berapa skor yang diperolehnya. Hanya saja tampak saat ditabrak dari samping dan depan dengan kecepatan 50 km/jam, penumpang di dalamnya masih aman.

Mobil pun terlihat tidak mengalami kerusakan yang parah.

"Di China oleh China NCAP (New Car Assessment Program) mobil mendapatkan rating bintang 5," ujar General Manager Marketing PT Sokonindo Automobile Permata Islam beberapa waktu silam.

Datang ke Indonesia, Glory 580 terang-terangan menantang Honda CR-V. Lantas bagaimana dengan hasil uji tabrak yang dilakoni Honda CR-V?

SUV andalan Honda ini rupanya memberikan hasil yang maksimal dalam uji tabrak. Mobil diberikan rating bintang 5. Dalam uji tabrak depan, mobil terbukti bisa melindungi baik pengendara dan penumpang dengan sempurna. Honda CR-V mendapat skor 88,8 poin secara keseluruhan.

Menurut hasil uji tabrak tersebut, Honda CR-V mendapat skor 47,25 poin untuk perlindungan dewasa, sedangkan untuk anak-anak poinnya 22,84. Fitur keselamatan dari Honda CR-V diganjar 18,71 poin.


Dari data cedera yang diperoleh dari boneka crash test atau dummy, hanya kaki kiri pengendara saja yang kurang terlindungi. Sementara saat ditabrak dari samping, mobil memberikan perlindungan yang maksimal pada kepala, leher dan tubuh bagian atas.

CR-V yang dites merupakan varian 2.4 liter dengan airbag sebanyak 7 buah.

[Gambas:Youtube]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com