Jumat, 07 Des 2018 18:14 WIB

Sekali Patroli, Truk Penyapu Jalan Tenggak 45 Liter Solar

Ridwan Arifin - detikOto
Truk Road Sweeper. Foto: Ridwan Arifin Truk Road Sweeper. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sudah memiliki road sweeper atau kendaraan penyapu jalan sebanyak 88 unit untuk bekerja membersihkan jalan protokol. Untuk diketahui Road Sweeper yang dimiliki Jakarta saat ini adalah Dulevo seri 6000 dan 3000, serta Hino-Ceksan.

Waktu tempur kendaraannya mulai dari pukul 00.00 hingga 05.00 WIB, maka tak heran saat pagi hari sudah tak kelihatan lagi sampah di jalan yang dilalui Road Sweeper ini.


"Kapasitas daya tampung sampah untuk Dulevo 6000 bisa mencapai 6,2 kubik, sedangkan Dulevo 3000 bisa menampung 2,5 sampai 3 kubik. Sedangkan ntuk Hino-Ceksan 100 persen vacuum, daya tampung sampah ukuran kendaraan besar 6 kubik, sedangkan yang kecil kapasitasnya sekitar 3 sampai 3,5 kubik," ungkap Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Hari Nugroho kepada detikOto.

Kendaraan besar tersebut dibekali mesin diesel dengan kecepatan maksimal 40 km/jam. Sementara saat bekerja menyapu jalan, Dinas Lingkungan Hidup membatasinya dari 10 km/jam sampai 15 km/jam atau dengan kecepatan rata-rata 12,5 km/jam.

"Kemampuan satu unit Road Sweeper dengan waktu kerja 5 jam rata-rata 62,5 km, menghabiskan konsumsi BBM (compact besar CBU) sekitar 45 liter dari kapasitas tangki 100 liter," ungkap Hari.



Road Sweeper dinilainya efektif untuk pengamanan sampah di jalan protokol. Soalnya truk ini dibekali dengan beberapa kemampuan seperti mesin sapu, alat penyemprot serta penyedot air dan sampah. Artinya sekali pengoperasian tiga hal tersebut dapat dilakukan sekaligus.

Selain tidak membahayakan petugas manual penyapu jalan dari sambaran kendaraan, juga dinilai lebih modern. Mobil penyapu jalan itu sudah dibagikan ke semua wilayah kota, di semua suku dinas.


Tonton juga ' Dunia Malam Penyapu Jalan ':

[Gambas:Video 20detik]

Sekali Patroli, Truk Penyapu Jalan Tenggak 45 Liter Solar
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed