Kamis, 06 Des 2018 16:28 WIB

VW Bakal Produksi Mobilnya di Pabrik Ford

Rizki Pratama - detikOto
Ford. Foto: Francois Lenoir/Reuters Ford. Foto: Francois Lenoir/Reuters
Jakarta - Bulan Juni lalu, Ford dan Volkswagen menandatangani nota kesepahaman yang menjadi landasan atas kemitraan strategis antara kedua perusahaan. Kemitraan ini berfokus pada pengembangan bersama berbagai kendaraan komersial, tetapi juga memicu sejumlah desas-desus tentang kemungkinan aliansi besar.

Sekarang, ternyata perusahaan Jerman tersebut tertarik menggunakan Pabrik Ford di Amerika untuk meningkatkan kapasitas produksinya di AS.


"Kami sedang melakukan negosiasi dan diskusi yang cukup menjanjikan dengan Ford untuk benar-benar membangun aliansi otomotif global yang juga akan memperkuat industri otomotif Amerika," ujar CEO Volkswagen, Herbert Diess kepada wartawan kemarin setelah pertemuan di Gedung Putih. Diess juga mengungkapkan VW sedang "mempertimbangkan membangun pabrik mobil kedua" di Amerika Serikat.

Aliansi ini diprediksi akan membantu Ford memulihkan bisnisnya di Eropa, tetapi VW tidak akan mengambil saham ekuitas di Ford sebagai bagian dari kerja sama. Sebagai imbalannya, Ford bisa membantu Volkswagen dengan tambahan kapasitas produksi di Amerika.


"Kami sedang membangun aliansi dengan Ford yang akan memperkuat posisi Ford di Eropa karena kami akan berbagi platform. Kami mungkin menggunakan kapasitas Ford di sini di AS untuk membangun mobil bagi kami. Kami membutuhkan kapasitas tambahan di sini di Amerika Serikat, kami memerlukan pabrik mobil tambahan untuk VW dan Audi," kata Diess.

"Kami belum bisa menyampaikan detail dalam pembicaraan ini, tetapi jelas kami berbicara dengan mereka dan pembicaraan akan sangat baik," ujar Bos Ford, Bill Ford. Sementara itu, Diess juga menegaskan bahwa VW sedang dalam pembicaraan lanjutan di Tennessee tentang meningkatkan kapasitas produksinya.



Tonton juga ' Mark Zuckerberg Magang di Pabrik Ford ':

[Gambas:Video 20detik]

VW Bakal Produksi Mobilnya di Pabrik Ford
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed