Senin, 03 Des 2018 13:34 WIB

Mitsubishi Akui Setop Produksi Pajero Sport demi Xpander

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Ari Saputra Mitsubishi Xpander. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mitsubishi mengonfirmasi kalau mereka sudah meminta pemerintah untuk menyetop produksi Pajero Sport. Hal ini untuk mempercepat produksi Xpander yang juga diekspor ke luar negeri.
Mitsubishi memutuskan untuk mengimpor Pajero Sport yang dijual di Indonesia. Pajero Sport akan didatangkan dari Thailand.



"Saat ini kami bekerja keras untuk memperluas perlengkapan produksi serta meningkatkan tenaga kerja di MMKI (PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia), namun untuk segera memenuhi permintaan yang telah ada, kami berkonsultasi dengan pemerintah untuk dapat melakukan impor sementara untuk Pajero Sport dari Thailand dan mempergunakan lini produksinya untuk memproduksi Xpander," tulis pernyataan resmi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia yang diterima detikOto, Senin (3/12/2018).

"Kami telah memulai ekspor Xpander di April 2018 dan produk ini sangat diterima tidak hanya di Indonesia melainkan juga di negara-negara lain. Untuk dapat menyediakan Xpander ke banyak konsumen sesegera mungkin, kami telah memutuskan untuk meningkatkan produksi di MMKI. Kami akan terus meningkatkan bisnis produksi dan penjualan untuk berkontribusi pada ekonomi di Indonesia," tambah Mitsubishi.


Sebelumnya Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika mengungkapkan, Mitsubishi sudah mengungkapkan niatan untuk impor Pajero Sport. Hal itu disampaikan Chief Executive Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko sewaktu kunjungannya ke Jakarta bulan lalu.

"Kemarin CEO-nya kan datang. Ia mengatakan akan menginvestasi 4 miliar yen untuk menambah kapasitas produksi, sedangkan konsumen sudah pesan (Xpander). Jadi untuk sementara diimpor Pajero Sport," katanya di Jakarta, kemarin (27/11/2018).



Selain itu, dalam upaya pemenuhan permintaan Xpander, Mitsubishi bakal meningkatkan kapasitas pabrik di Bekasi sampai 220 unit per tahun fiskal 2020. Sehingga, kapasitas produksi Xpander direncanakan 160 ribu unit dari 115 unit setahunnya.

Namun sembari menunggu perluasan kapasitas produksi pabriknya, 'rumah' Pajero Sport harus dikorbankan untuk melahirkan Xpander. Hal ini diperkirakan tidak berlangsung lama.
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed