Jumat, 30 Nov 2018 09:58 WIB

Tak Isi BBM Sesuai Anjuran, Siap-siap Garansi Mobil Hangus!

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi isi BBM tidak sesuai anjuran. Foto: Ridwan Arifin Ilustrasi isi BBM tidak sesuai anjuran. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengeluarkan peringatan agar para pemilik kendaraan mematuhi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) sesuai anjuran bagi kendaraannya. Soalnya di Indonesia sendiri saat ini sudah menggunakan standar emisi gas buang standar Euro4.

Jika terjadi kerusakan di mobil karena tak sesuai anjuran, Gaikindo memperingati garansi akan hangus.


"Ya itu memang darimana-mana dari setiap merek memang begitu, andai kata penggunaan mobil tidak menggunakan BBM yang tidak sesuai spesifikasi, otomatis sebab nanti tidak sesuai, kalau rusak yang salah siapa? Masa pabrikannya yang salah," kata Ketua Gaikindo Yongkie Sugiarto saat ditemui di Gedung MPR/DPR, Gedung Nusantara III, Jakarta.

"Maka dari itu diingatkan (mobil Euro4), bahwa kalau nggak memakai BBM yang sesuai spesifikasi maka garansinya bisa hilang," kata Yongkie.

Mobil keluaran terbaru memang wajib mempergunakan BBM berkualitas, minimal yang memiliki spesifikasi Research Octane Number (RON) 92.


Ia mengatakan bahwa desain mesin dibuat dengan selalu mengacu pada peraturan pemerintah yaitu terkait standar emisi. Contohnya, tiap mobil berbahan bensin di Indonesia saat ini harus sesuai dengan standar emisi Euro4.

Regulasi itu berlaku sejak Oktober 2018. Artinya, semua mobil yang diproduksi pabrik ataupun distributor mobil anggota Gaikindo sudah disesuaikan dengan aturan tersebut. (dry/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed