Selasa, 06 Nov 2018 10:44 WIB

Mobil Mewah Jerman Ini Lolos Pembatasan Impor

Ridwan Arifin - detikOto
Porsche Panamera Sport Turismo. Foto: Rifikianto Nugroho Porsche Panamera Sport Turismo. Foto: Rifikianto Nugroho
Jakarta - Dolar yang makin menguat membuat pemerintah berencana mengambil langkah taktis untuk melakukan pembatasan impor mobil mewah (CBU). Mobil mewah di atas 3.000 cc diwacanakan dibatasi impornya.

Namun, mobil mewah asal Jerman, Porsche Panamera 4S Sport Tourismo lolos dari pembatasan impor itu. Bahkan, PT Eurokars Artha Utama resmi meluncurkan mobil tersebut di Tanah Air di Showroom Porsche Center Jakarta.



Menurut Sales & Marketing Trainer Porsche Indonesia Ricko Boen untuk seri mobil ini dirasa belum terkena dampak pembatasan impor. Pasalnya pemerintah sendiri membatasi kendaraan mewah di atas 3.000 cc.

"Wah kalau itu saya nggak bisa ngomong, kalau nggak salah untungnya kita belum kena, karena kan juga masih di bawah 3.000 semua, 2.900 sekian, 2.800 sekian," singkat Ricko saat peluncuran Panamera 4S Sport Tourismo.

Porsche sendiri menghadirkan 2 varian untuk dipasarkan di Indonesia, yakni Panamera 4 Tourismo yang dibanderol sekitar Rp 3,4 miliar dan Panamera 4S Tourismo yang dibanderol sekitar Rp 3,5 miliar, kedua harga tersebut masih off the road.



Soal pembatasan impor, seperti yang diberitakan detikOto sebelumnya bahwa pembatasan tersebut diberlakukan melalui TPT atau Tanda Pendaftaran Tipe kendaraan bermotor. Dokumen tersebut merupakan persyaratan penting untuk keperluan importasi yang ditunjukkan kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE).

Jadi, sebelum mobil atau motor impor masuk maupun diproduksi, mereka harus melakukan uji tipe terlebih dahulu. Kemudian bila dinyatakan lulus, Kementerian akan mengeluarkan TPT untuk bisa produksi maupun impor kendaraan terkait.

"Pembatasannya melalui pemberian TPT. Kalau TPT-nya tidak ada, tidak di approve, kan tidak bisa masuk Indonesia," tutup Putu Juli Ardika.




Tonton juga 'Porsche Indonesia Kenalkan 718 Cayman dan Panamera':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed