Kamis, 25 Okt 2018 17:26 WIB

Masalah Kecil Teratasi, Mobil Desa Siap Digas Mulai Januari 2019

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kendaraan pedesaan. Foto: Rachman Haryanto Kendaraan pedesaan. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kendaraan pedesaan bakal disiapkan untuk membantu perekonomian pedesaan. Mobil desa bahkan sudah siap diproduksi massal awal tahun depan.

Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), Sukiyat, mengatakan pihaknya sudah melakukan pengembangan kendaraan pedesaan Mahesa selama lima tahun. Masalah-masalah pada prototipe mobil desa sebelum diproduksi massal telah teratasi.

"Saat ini sudah tidak ada masalah lagi. Dulu ada, seperti mesinnya terlalu panas, getarannya tinggi. Tapi itu sudah kita atasi," kata Sukiyat kepada detikOto melalui sambungan telepon.



Menurut Sukiyat, pihaknya memberikan solusi mesin yang terlalu panas dengan memperbesar radiator. Jadi, masalah tersebut sudah teratasi.

"Ya cuma masalah-masalah kecil, tapi itu tidak bisa disepelekan juga. Sudah cepat kita benahi semua," katanya.

Masalah kecil yang sudah teratasi itu membuat kendaraan pedesaan siap diproduksi massal awal tahun depan. Sukiat menyebut, Januari 2019 pihaknya sudah ngebut untuk produksi kendaraan pedesaan.



"Komponen dalam negeri 80 persen, sudah siap. Vendor-vendor sudah kita siapkan," ucapnya.

Kendaraan pedesaan atau AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) didesain, dikembangkan, dan diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) yang merupakan anak perusahaan PT Velasto Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit usaha PT Astra Otoparts Tbk. Melalui KMWI, AMMDes memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.

Dengan fungsi tersebut, AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off (PTO-mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO. Untuk unit AMMDes yang memiliki fasilitas PTO yang terintegrasi dapat diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan berbagi peralatan lainnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com