Selasa, 23 Okt 2018 20:40 WIB

Keren! Pemerintah Targetkan Ada 400 Ribu Mobil Listrik pada 2025

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Pemerintah Indonesia saat ini tengah mendorong penggunaan mobil listrik di dalam negeri. Hal tersebut mulai terlihat nyata saat Kementerian Perindustrian telah menyelesaikan pengkajian terhadap rancangan Peraturan Presiden tentang kendaraan bermotor listrik.



"Kami mendorong program pengembangan lokal emition vehicle dan juga di dalamnya termasuk mobil berbasis listrik," ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Pabrik Suzuki Cikarang, Senin kemarin.

Pemerintah sendiri sudah memiliki target pada tahun 2025 sekitar 20 persen di jalanan Indonesia bakal dihiasi kendaraan listrik.



"Target yang disiapkan oleh pemerintah diharapkan mobil berbasis elektrik ini di tahun 2025 bisa mencapai 20 persen daripada jumlah total populasi kendaraan," ungkap Airlangga.

"Di mana diperkirakan di tahun 2025 jumlah kendaraan pasar domestik adalah 2 juta dan kira-kira 20 persen atau 400 ribu adalah electric vehicle," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengatakan tidak pembatasan jenis mobil Low Emition Carbon Vehicle (LECV) yang akan muncul di Indonesia.



"Pilihannya kami serahkan entah itu Hybrid atau yang lain, tentunya kita juga mengharapkan Indonesia menjadi basis juga untuk electric vehicle," ujarnya.

Terkait payung hukum saat ini Kemenperin mengirim resmi draf kebijakan tersebut kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman pada 15 Oktober 2018 untuk dikoordinasikan dan dimintakan persetujuan dari Presiden Joko Widodo. Bahkan rencananya kendaraan listrik akan dibebaskan dari pajak dan diberikan insentif. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed